DPR Desak Nazaruddin Segera Pulang

Mohammad Nazaruddin memberikan keterangan pers.
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat mendesak anggota Komisi VII dari Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, segera pulang begitu sembuh dari sakitnya. DPR berharap Nazaruddin segera menyelesaikan masalahnya agar tidak berlarut-larut.

"Saya lihat wawancara di satu media, batuk-batuknya menunjukkan sakit. Tapi saya pribadi sarankan saudara Nazaruddin segera kembali ke Jakarta. Hadapi proses untuk menjernihkan (masalah)," kata Wakil Ketua DPR Pramono Anung di Jakarta, Selasa 7 Juni 2011. Semakin lama Nazaruddin berada di Singapura, maka fantasi rakyat akan semakin liar.

Pimpinan sendiri sudah membahas masalah Nazaruddin dengan Badan Kehormatan. Meski begitu rapat tidak membahas soal sanksi untuk Nazaruddin. "Kan baru dua minggu ya nggak apa-apa. Tata cara BK (untuk sanksi) kan ada aturan mainnya. Kalau sudah 6 bulan dan 6 kali melewatkan paripurna, tentu lain persoalannya," kata Pramono.

Sebagai politisi, Pramono berharap Nazaruddin menghadapi setiap masalah dengan lapang dada, terbuka dan tidak menyembunyikan diri. "Ini (imbauan) bukan terkait pemanggilan atau tidak (oleh KPK). Kalau soal pemanggilan KPK, banyak yang sudah berulangkali dipanggil tapi tidak pada pulang," katanya.

Sri Mulyani Bertemu Presiden ADB Bahas Transisi Energi hingga Pensiun Dini PLTU

Sementara Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menyerahkan masalah Nazaruddin kepada Partai Demokrat. "Prosesnya bagaimana kita tunggu saja, toh yang dikirim ke sana juga petinggi, termasuk Pak Jafar Hafsah, ketua fraksi dan Pak Bhatoegana, tokoh Partai Demokrat," kata dia.

Priyo mengimbau semua pihak menghormati proses hukum yang ada. "Kalau yang bersangkutan benar-benar sakit, atas nama kemanusian tolonglah yang diberikan kelonggaran. Saya dengar dari Pak Batoegana, berat badannya susut sampai sekian kilo itu kan sakit beneran," kata dia.

Demokrat sendiri sudah mengirimkan tim untuk menemui Nazaruddin. Tim yang berangkat akhir pekan lalu terdiri dari Sutan Bhatoegana, Jaffar Hafsah, dan Jhonny Allen Marbun. Tugasnya, untuk bertemu langsung, melakukan komunikasi dan memastikan di mana Nazaruddin berada.

Dari komunikasi tersebut didapatkan tiga hal. Pertama, Nazaruddin sakit dan sedang berobat di Singapura. Kedua, Nazaruddin mengatakan, jika selesai berobat ia akan kembali ke tanah air. Ketiga, Nazaruddin siap mengklarifikasi dan memberikan keterangan yang diperlukan menyangkut hal-hal yang sekarang ini banyak didiskusikan oleh publik. (adi)

Lolly Ngaku Bakal Berkarier di Indonesia, Ingi Buat Nikita Mirzani Bangga
Motor bekas Honda BeAT Street terbaru

Daftar Motor Matik Bekas Paling Laku di Pasaran

Banyak para konsumen kendaraan bekas mencari motor matik untuk mobilitas sehari-hari, ada beberapa varian sepeda motor yang diminati pembeli.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024