Survei: Muslim Muda Tak Tertarik Politik

Demo KAMMI
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Goethe Institute dan The Friedrich Naumann Foundation for Freedom yang bekerja sama dengan Lembaga Survei Indonesia menggelar survie menyeluruh bagi kaum muda muslim di Indonesia.

Respondennya adalah 1.496 kawula muda muslim berusia antara 15-25 tahun dari semua provinsi di Indonesia, mereka ditanya seputar nilai-nilai, impian dan idealisme terkait dengan segala persoalan hidup saat ini dan dimasa depan. Salah satu titik fokus penelitian adalah tentang pemahaman mereka akan persoalan-persoalan politik.

Dari hasil survei seperti yang diterima VIVAnews.com, Selasa 14 Juni 2011, ditemukan hanya 28,6 persen responden mengatakan mereka tertarik dengan politik, sementara 16,1 persen memilih berpartisipasi dalam pemilu, bahkan 48 persen dari responden memandang politik adalah hal yang membosankan.

Namun, survei juga menemukan hasil para responden lebih menerima dengan nilai-nilai demokrasi. Lebih dari 70 persen berpikir rakyat dapat mengganti pemerintah yang tidak dikehendaki mereka. Sementara 66,3 persen mengatakan demokrasi yang berjalan memerlukan partai oposisi dan 49 persen dari kaum muda muslim Indonesia menerima keadaan politik dan ekonomi pada masa kini. Lebih dari 60 persen mereka memandang bahwa Indonesia berada di jalan yang benar.

Selain itu, mereka meragukan mekanisme politik, sebanyak 66,7 persen berpandangan korupsi dan penyuapan belum menurun, sedangkan 62,6 persen mengatakan para politisi hanya tertarik mendapatkan suara terbanyak pada pemilihan umum berikutnya.

Secara keseluruhan, kaum muda muslim di daerah pedesaan mempunyai pandangan yang lebih idealis tentang politik, lebih cenderung mengikuti proses politik dan lebih optimis tentang masa depan Indonesia dibanding dengan rekan mereka di daerah perkotaan.

Kaum muda muslim yang sudah bekerja dan memiliki pendapatan lebih berada di posisi tidak begitu percaya dengan pemerintah dibandingkan dengan rekan mereka yang memiliki pendapatan lebih rendah. (adi)

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Menyambut Anggota Keluarga Baru

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 25 April 2024. Salah satunya tentang cerita dari prosesi kelahiran anak perempuan pertama Alyssa Soebandono.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024