Demokrat Tak Tahu Nazaruddin Tunjuk Kaligis

Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, sudah menunjuk tim pengacara dari Singapura dan advokat OC Kaligis sebagai kuasa hukumnya. Demokrat tidak mengetahui penunjukkan tim pengacara Nazaruddin ini.

"Dia tidak sebut siapa. Soal itu tidak disebut," kata Wakil Ketua Fraksi Demokrat, Sutan Bhatoegana, di gedung DPR, Jakarta, Jumat 17 Juni 2011.

Menurut Bhatoegana, saat tim Demokrat bertemu Nazaruddin di Singapura, dia tidak membicarakan soal penunjukkan tim pengacara. Dia juga hanya  sekadar menanyakan kondisi Nazaruddin dan mengimbau yang bersangkutan pulang.

Meski demikian, Bhatoegana tak mempermasalahkan tidak adanya pemberitahuan Nazaruddin soal penunjukkan pengacara. Bagi Demokrat, dengan adanya tim kuasa hukum akan memudahkan koordinasi Demokrat dengan Nazaruddin.

"Ya kami enaklah. Sudah ada yang ditunjuk demikian, itu semakin jelas urusannya," kata Bhatoegana yang juga Wakil Ketua Komisi VII Bidang Energi DPR ini.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Sebelumnya, OC Kaligis mengaku sudah bertemu Nazaruddin pada 16 Juni 2011 di Singapura. Nazaruddin menunjuk dirinya dan tim pengacara dari Singapura. Dalam pertemuan itu, OC Kaligis menyimpan keterangan Nazaruddin yang sudah ditandatangani dan di bawah sumpah. "Demokrat bisa bubar. Meski Demokrat akan menyangkal," kata OC Kaligis kepada VIVAnews.com.

Kemarin, Nazaruddin sedianya mengirim pengacaranya ke kantor Komisi Pemberantasan Korupsi, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan. Tetapi hingga malam tiba, tak ada juga pengacara Nazaruddin yang datang ke KPK.

Nazaruddin mangkir dalam dua kali panggilan pertama sebagai saksi dua kasus berbeda. Pada Jumat 10 Juni, Nazaruddin tanpa konfirmasi tidak hadir dalam panggilan sebagai saksi kasus pengadaan barang di Kementerian Pendidikan Nasional senilai Rp142 miliar tahun 2007.

Kemudian, pada Senin 13 Juni 2011, Nazaruddin juga tanpa konfirmasi tidak hadir dalam panggilan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap di Kementerian Pemuda dan Olahraga, kasus yang menjadi perhatian publik. (umi)

Hwang Sun-hong,

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024. Duel berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat dini hari

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024