Demokrat Akan Redam Nazaruddin?

Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews- Sekretaris Fraksi Demokrat Saan Mustopa mengatakan pihaknya tetap berusaha merayu mantan bendahara umumnya, Muhammad Nazaruddin agar memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut dia, tim komunikasi yang dibentuk Demokrat akan memaksimalkan usahanya dan tetap menjalin kontak dengan Nazaruddin yang tengah berada di Singapura.

"Teknisnya, nggak perlu ramai-ramai lah," kata Saan di gedung DPR, Jumat 17 Juni 2011.

Namun, kata dia, Demokrat tak bisa memanggil Nazaruddin untuk pulang ke Indonesia. Apalagi, menggunakan cara paksa. "Yang punya hak panggil itu, apalagi sekarang ditangani KPK, yang bertanggungjawab menghadirkan, ya KPK itu sendiri. Tapi, fraksi, partai terus berusaha membantu mendorong yang bersangkutan memenuhi panggilan KPK," kata dia.

Menurutnya, upaya serius itu dibuktikan tim komunikasi sampai datang ke Singapura. Rupanya, tim yang berangkat mendapati Nazaruddin benar-benar sakit. "Kata yang berangkat, yang bersangkutan sakit. Tentu fraksi percaya sesuai laporan itu," kata Saan.

Belakangan, Nazaruddin justru menuding keterlibatan sejumlah nama anggota DPR asal Demokrat yang terlibat suap pembangunan wisma atlet di Jakabaring, Palembang. Nazar mengatakan Angelina Sondakh dan Wayan Koster telah menyerahkan uang kepada MA. Selanjutnya, MA membagi-bagikan uang itu kepada anggotan Komisi X lainnya.

Atas tudingan itu, apakah Demokrat akan meredam Nazar? Saan menjawab diplomatis. "Partai kan ingin semua masalah diselesaikan dengan baik. Partai bantu semaksimal mungkin, membantu kadernya yang terlibat hukum. Misalnya, beri bantuan hukum," kata dia.

Saan berharap semua yang menyangkut persoalan internal partai diselesaikan di internal partai. "Ini yang jadi harapan kita, Partai tidak diskriminatif sesama kader," katanya.

"Terkait pemberitaan hari ini, sedang kita dalami apa benar sumbernya dari pak Nazar. Kedua akan dalami apa bener ada pertemuan, yang di situ ada pengakuan orang-orang tersebut."

Namun, Fraksi Demokrat, kata Saan, akan memanggil Angelina Sondakh dan MA untuk dimintai keterangan terkait tudingan itu. "Tentu karena terkait itu tadi kita akan minta penjelasan semua. Kita minta penjelasan, partai melakukan pendalaman," katanya. (eh)

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya
Pemain Teater Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Sebagai pemeran utama dalam pertunjukan teater musikal ini, Sherina Munaf mengaku sangat bangga melihat anak-anak sekolah yang sangat pandai bermain musik orchestra.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024