Kasus Ruyati

Politisi PKS: Ganti Menlu dan Menakertrans

Menteri Patrialis Akbar & Muhaimin Iskandar lihat TKI dipulangkan
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - Anggota Komisi IX DPR,  yang juga membidangi Tenaga Kerja dan Transmigrasi dari Fraksi PKS, Arif Minardi, sangat menyesalkan sikap pemerintah yang dinilai lamban dan lalai memberikan perlindungan kepada TKI. Arif mendesak agar dua menteri dicopot.

"Kalau perlu ganti saja Menteri Luar Negeri dan Menakertrans karena tidak bisa melindungi TKI di luar negeri," kata Arif Minardi di gedung DPR, Jakarta, Senin 21 Juni 2011.

Arif mengingatkan, bahwa masih ada sekitar 23 orang Tenaga Kerja Indonesia di Arab Saudi yang menanti vonis di pengadilan negara itu. "Jumlah itu tidak termasuk beberapa TKI yang sudah menerima vonis termasuk Darsem," tegas anggota DPR dari daerah pemilihan Bandung dan Cimahi, Jawa Barat ini.

Arif menegaskan  agar pemerintah membantu pembebasan Darsem. TKW asal Subang, Jawa Barat, itu harus menyediakan uang tebusan sebesar Rp4,6 miliar agar terbebas dari hukuman pancung di Arab Saudi. Darsem divonis pancung setelah menurut hakim di sana, terbukti membunuh majikannya yang berasal dari Yaman.

"Jika sampai tanggal 7 Juli 2011 tidak ada dana sebesar Rp4,7 Milyar maka nasib Darsem akan sama dengan Ruyati. Pemerintah segera menalangi dana itu agar Darsem dapat segera bebas dan kembali ke tanah air," kata anggota DPR pengganti Suharna Surapranata di DPR saat ditunjuk menjadi Menristek ini.

Menurut dia, akibat kelambanan pemerintah maka kasus Ruyati terjadi. TKW asal Bekasi, Jawa Barat itu dieksekusi hukum pancung di Araab Saudi pada Sabtu 18 Juni 2011.

Ruyati divonis bersalah membunuh majikannya. Diduga, Ruyati membunuh karena rasa kesal akibat sering dimarahi korban dan gaji tiga bulan tidak dibayar.

5 Common Cat Diseases, Everything You Need to Know

Hari ini Muhaimin Iskandar menegaskan bahwa pemerintah akan membantu dan bekerja keras untuk menolong sejumlah TKI yang kini sedang menunggu keputusan di Arab Saudi itu. Pemerintah, lanjutnya, akan menempuh segala cara menyelamatkan mereka.

"Pembentukan Joint Working Group (tim kerja gabungan) mewakili kedua negara harus segera diwujudkan, sehingga berbagai permasalahan TKI di Arab Saudi dapat dibenahi secara bersama-sama," ujarnya.

Menhan Israel Pasang Badan untuk Batalion Netzah Yehuda yang Dijatuhi Sanksi AS

Menteri Luar Negeri  menegaskan bahwa pemerintah Arab Saudi melanggar ketentuan internasional. Selama ini, lanjutnya, kementerian luar negeri fokus dan bekerja keras untuk menuntaskan masalah TKI ini.

Soal tuntutan mundur sejumlah kalangan, Natalegawa menanggapi secara bijaksana.  “Apakah kinerja saya baik atau tidak baik – apalagi tugas saya sedemikian berat, konsentrasi saya sekarang hanya menyelesaikan masalah. Saya hanya bekerja, bekerja, bekerja. Silakan yang memberi evaluasi masyarakat umum,” kata Natalegawa usai rapat dengan Komisi I DPR di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 20 Juni 2011.

KPK Pecat 66 Pegawai yang Terlibat Pungli Rutan
Bus Transjakarta tetap melayani masyarakat  saat libur nasional untuk Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024.

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

Bus Transjakarta akan melayani penumpang dari pukul 05.00 hingga 22.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024