Besok, SBY dan DPR Bahas TKI

Rapat Konsultasi Presiden dengan DPR di Istana Negara
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - DPR sudah resmi memutuskan agar pemerintah melakukan moratorium atau penghentian sementara pengiriman tenaga kerja ke Arab Saudi. DPR akan menyambangi Presiden khusus membahas TKI.

"Besok ada forum konsultasi dengan Presiden," kata Wakil Ketua DPR Pramono Anung di gedung DPR, Jakarta, Rabu 22 Juni 2011.

Forum konsultasi itu akan dihadiri pimpinan DPR, pimpinan Fraksi, dan pimpinan Komisi-Komisi DPR. Pertemuan akan berlangsung di Istana Kepresidenan.

Menurut Pramono, pemerintah harus menjalankan kebijakan moratorium pengiriman TKI ke Arab Saudi. Karena, itu sudah menjadi keputusan paripurna DPR sebagai lembaga penyeimbang pemerintah.

"Kalau tidak dijalankan, DPR bisa melakukan langkah-langkah yang akhirnya kontraproduktif bagi semuanya," kata mantan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini.

Pramono kembali menekankan bahwa persoalan sejenis tragedi Ruyati ini bukanlah hal yang baru. Dan pemerintah, seperti biasa, baru bereaksi ketika ada kejadian. "Pemerintah harusnya melobi secara terus-menerus. Tidak bereaksi setelah ada persoalan," kata politisi yang akrab disapa Pram ini.

Pram justru menuding ada jaringan mafia TKI yang terus mendapat keuntungan. Dan bila kondisi ini tidak berubah, maka mafia-mafia TKI itu akan terus meraup untung di atas penderitaan tenaga kerja. (eh)

Gibran Akan Temui Wapres Ma'ruf Amin Sore Ini
Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Delegasi negara Republik Korea Utara yang dipimpin oleh menteri kabinet perdagangan internasional, melakukan kunjungan negara ke Iran, kata media resmi pemerintah Korut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024