Partai Golkar Canangkan Program Karakterdes

Aburizal Bakrie di Pembukaan Muspinas Kosgoro 1957
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Partai Golkar mencanangkan program Kader Penggerak Teritorial Desa atau Karakterdes. Program pendidikan yang bersifat nasional itu bertujuan untuk membentuk gerakan kader di daerah, khususnya pedesaaan yang senantiasa mendukung pembangunan.

Pencanangan program Karaterdes Nasional Partai Golkar tersebut diresmikan oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie. di Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Peresmian tersebut sekaligus pembukaan serentak bagi serangkaian diklat Karakterdes Golkar di sejumlah wilayah, yaitu di Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Dalam pidatonya, Aburizal menjelaskan bahwa, tema yang diangkat dalam diklat Karakterdes ini adalah memantapkan kader pembangunan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Kondisi bangsa kita, masih banyak yang harus kita kerjakan untuk mencapai cita-cita proklamasi kemerdekaan," ujar Aburizal, Sabtu 2 Juli 2011. "Harus kita akui, di usia Republik Indonesia yang sudah mencapai 66 tahun ini pembangunan belum merata, bahkan belum menyentuh sebagian masyarakat di pedesaan. Masih terlihat ada kesenjangan hidup masyarakat desa dan kota."

Oleh karena itu, menurut Aburizal, tugas kader Golkar adalah menjadi pelopor atau agen gerakan pembangunan di daerahnya agar tercipta kesejahteraan masyarakat. Artinya, kesenjangan kehidupan dan kesejahteraan antara desa dan kota harus dihilangkan.

"Penting mengadakan konsep pembangunan efektif, yang mampu mengantarkan masyarakat Indonesia mencapai cita-citanya," imbuhnya. 

Dia menekankan, konsep pembangunan tersebut seyogianya formulasi terbaik yang menggabungkan pemanfaatan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di daerah kader Golkar tersebut bekerja. Tujuannya adalah mewujudkan cita-cita kemandirian bangsa.

"Partai Golkar memandang bahwa membangun mulai dari desa adalah hal mendesak dan sangat diperlukan. Membangun dari desa tak boleh berhenti hanya pada tataran wacana, tapi juga harus direalisasikan dengan wujud program nyata," ungkapnya.

Oleh karena itu, Ical menegaskan bahwa pencanangan Karakterdes Nasional Partai Golkar ini adalah wujud persembahan Partai Golkar bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini merupakan komitmen Golkar yang sejalan dengan cita-cita pembangunan nasional.

"Tiada hari tanpa karya, dan karya harus dipersembahkan untuk rakyat Indonesia," cetusnya.

Ditegaskan Ical, Golkar tak ingin masyarakat desa hanya menjadi penonton di rumahnya sendiri atas sumber daya alam yang ada di daerahnya tereksploitasi atas nama pembangunan semata.

Menurut Ical, pembangunan desa tak boleh bertentangan dengan arah pembangunan nasional. Karena semestinya kemajuan desa untuk menopang kesejahteraan daerah dan pada akhirnya mewujudkan pembangunan nasional.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024