Sekjen KPU Akui Andi Nurpati Ikut Hadir

Andi Nurpati di DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum (KPU), Suripto Bambang Setiadi, mengakui Andi Nurpati ikut hadir dan memaparkan hasil perolehan suara pada rapat pleno di KPU pada 21 Agustus 2009. Ketika itu Andi masih menjadi anggota (komisioner) KPU.

"Yang menangani waktu itu Divisi Teknis, itu Ibu Andi," kata Bambang dalam Rapat Panitia Kerja Mafia Pemilu di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 7 Juli 2011.

Menurut Bambang, Andi Nurpati yang saat itu menangani divisi teknis Pemilu mengatakan adanya penambahan kursi legislatif di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Provinsi Sulawesi Selatan atas nama Dewi Yasin Limpo.

"Dalam keputusan tersebut dinyatakan pemenangan jatuh pada Partai Hanura dalam kurung penambahan kursi," ujarnya.

Bambang menjelaskan sidang pleno pada tanggal 21 Agustus 2009 itu dipimpin oleh Ketua KPU dan seluruh komisioner. Hadir dalam pertemuan itu Ketua Badan Pengawas Pemilu Bambang Eka Cahya dan Mahkamah Konstitusi.

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan

"Tanggal 21 itu, sudah diputuskan dimenangkan Partai Hanura Dapil satu Sulsel," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kerja Mafia Pemilu Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Chairuman Harahap menilai, timnya sebenarnya sudah mendapat kesimpulan sementara terkait keterangan Andi Nurpati di depan Panja, Kamis 30 Juni 2011 lalu. Menurutnya, keterangan yang diberikan Andi Nurpati adalah bohong.

"Nanti kami akan lanjutkan. Akan terbukti lagi kebohongan lebih lanjut," ujar Chairuman yang juga Ketua Komisi II DPR itu di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi.

Chairuman menjelaskan, berdasarkan keterangan-keterangan yang diberikan staf Mahkamah Konstitusi maupun staf Komisi Pemilihan Umum, keterangan Andi Nurpati tidak benar. (ren)

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah
Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Ketua Umum Partai Demokrat AHY merespons pertemuan Prabowo Subianto dengan Cak Imin di kantor DPP PKB, Rabu. AHY memberikan peringatan ke Prabowo

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024