Burhanuddin Muhtadi

Demokrat Tak Hancur, Hanya Kehilangan Simbol

Kepengurusan Partai Demokrat 2010-2015 : Anas Urbaningrum dan Edhie Baskoro
Sumber :
  • Antara/Rossa Panggabean

VIVAnews - Dalam pesan singkatnya ke Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Marzuki Alie menyebut partainya "akan menuju kehancuran" kalau sesama pengurus saling berdebat. Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi menilai, sinyalemen ini tak sepenuhnya benar.

"Kalau di ambang kehancuran, saya kira tidak," kata Burhan. "Bahwa tidak efektifnya manajemen kontrol konflik di Partai Demokrat, iya," katanya saat diwawancara VIVAnews.com, Minggu 10 Juli 2011.

Namun Burhan memastikan, gonjang-ganjing Demokrat yang dipicu kasus suap M Nazaruddin, memang akan membuat elektabilitas Demokrat terus merosot. "Demokrat kehilangan simbol dan jualan utama mereka yaitu simbol antikorupsi," kata Burhan. "Orang sulit menghilangkan memori buruk mengenai Nazaruddin."

Situasi ini hanya bisa diperbaiki oleh SBY apabila nanti mengeluarkan kebijakan yang populis. Apalagi, kata peneliti senior Lembaga Survei Indonesia itu, kasus-kasus yang membelit kader-kader Demokrat seperti Nazaruddin masih dalam taraf 'politik'.

"Belum sampai di level yuridis, bahwa ada putusan pengadilan menyatakan Nazaruddin atau Andi Nurpati bersalah," kata Burhan.

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan

Marzuki Alie sebelumnya membenarkan telah mengirim SMS yang berisi pesan khusus untuk SBY itu. Namun Marzuki tak menyangka, SMS itu sampai ke media massa karena hanya dikirim ke jajaran Dewan Pembina. Ia menilai bahwa isi SMS seperti itu hal yang biasa dan sesuai dengan mekanisme yang ada.

"Itu mekanisme Partai," kata Marzuki. Saran kepada SBY itu, katanya, bukan untuk mendorong diselenggarakannya Kongres Luar Biasa untuk mengganti Anas Urbaningrum, sang Ketua Umum.

Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Ketua Umum Partai Demokrat AHY merespons pertemuan Prabowo Subianto dengan Cak Imin di kantor DPP PKB, Rabu. AHY memberikan peringatan ke Prabowo

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024