Golkar Diminta Pantau Pemilu Timor Leste 2012

Aburizal Berkampanye
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Partai Golkar diminta oleh Partai Demokrat Timor Leste untuk menjadi pemantau dalam Pemilihan Umum (Pemilu) negara itu pada tahun 2012.

Permintaan tersebut disampaikan langsung Ketua Umum Partai Demokrat Timor Leste, Fernando La Sama de Araujo, ketika menemui Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, di kantor pusat Partai Golkar, Jakarta, Senin, 11 Juli 2011.

"Kami akan menghadapi pemilu pada tahun depan, 2012, yakni Pemilu Presiden dan Pemilu untuk Parlemen. Kami minta Partai Golkar untuk menjadi observer (pemantau)," kata Fernando kepada pers. Selain itu, disampaikan Fernando, pihaknya secara khusus mengundang Aburizal Bakrie untuk menghadiri Kongres Partai Demokrat Timor Leste pada Oktober 2011.

Aburizal menyatakan sangat menyambut baik permintaan partai politik terbesar kedua di negara bekas provinsi Indonesia itu. Partai Golkar, katanya, akan menyiapkan tim untuk menjadi pemantau Pemilu di Timor Leste.

Ical --panggilan akrabnya-- menambahkan, Timor Leste merupakan negara baru, yang merdeka dari Indonesia pada 20 Mei 2002. Karenanya, negeri Timor Lorosa'e itu memerlukan bantuan dari negara-negara lain, terutama negara tetangga seperti Indonesia. Demikian juga dengan partai politik di sana.

"Golkar akan membantu proses kaderisasi organisasi di Partai Demokrat (Timor Leste), misalnya, kita akan share (berbagi) kurikulum atau silabus pengkaderan yang dimiliki Partai Golkar," ujar Ical didampingi dua petinggi DPP Partai Golkar, Sekretaris Jenderal Idrus Marham dan Wakil Ketua Umum Theo L. Sambuaga.

Fernando, yang dalam kesempatan itu didampingi empat elit Partai Demokrat, mengaku senang atas kesediaan Partai Golkar. "(Bantuan) ini tidak hanya untuk Partai Demokrat, tetapi juga untuk masa depan sebuah bangsa," ujarnya.

"Kita tahu, di Timor Leste, Partai Golkar adalah partai yang sangat mapan, baik dari struktur (organisasi) maupun pengalamannya," imbuh Fernando. (eh)

Laporan: M. Arief Hidayat

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024
Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024