Mengapa Petinggi Nasdem Ini Mundur

Pengurus Ormas Nasional Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Samuel Nitisaputra, Wakil Sekretaris Jenderal bidang Organisasi Pengurus Pusat Nasional Demokrat, mengundurkan diri dari organisasi yang belum berusia dua tahun ini. Kepada VIVAnews, Samuel menceritakan alasan dia mundur dari ormas yang dipimpin Surya Paloh ini.

Samuel sendiri mundur sejak awal Juni 2011, lebih dulu daripada Sri Sultan Hamengku Buwono X. Seperti halnya Sultan, Samuel mengaku alasan mundurnya karena ada pencideraan komitmen awal di Nasdem.

"Pencideraan terhadap komitmen, dan kebersamaan di antara sesama inisiator, deklarator dan pengurus, membuat peristiwa gonjang-ganjing terjadi di Gondangdia," kata Samuel, Selasa 12 Juli 2011. Gondangdia adalah markas ormas Nasdem dan sekaligus Partai Nasdem.

Gelombang mundur dari Nasdem ini, kata Samuel, diperkirakan akan terus berjalan seiring ketidakpekaan Nasdem menangkap aspirasi publik yang ingin Nasdem untuk konsisten dengan pilihan menyuarakan kepentingan rakyat melalui gerakan kemasyarakatan yang berpolitik, bukan dalam wadah partai politik baru.

"Suara publik ini memang sangat berbeda dengan kepentingan elite Nasdem yang ingin pencapaian tertinggi dalam memperjuangkan rakyat melalui merebut kekuasaan politik dengan kendaraan parpol yang mengikuti proses pemilu," kata Samuel. Padahal, kata Samuel, suara anggota belum seluruhnya sampai ke sana.

"Jadi bagi kawan-kawan yang masih bertahan di Ormas Nasdem, pesan saya pandanglah langkah kita yang keluar dari Nasdem ini untuk upaya tetap kenal tapi tidak mungkin bersama dalam sebuah organisasi, dan yang penting lakukan upaya nyata untuk membangun komunikasi yang bermartabat, jujur dan sehat di internal maupun dalam menjalin ke eksternal," kata Samuel.

Sekretaris Jenderal Nasional Demokrat, Syamsul Muarif, menegaskan bahwa ormasnya tidak akan bermetamorfosa menjadi partai politik. Soal adanya Partai Nasdem yang juga dipimpin dari salah satu anggota ormas Nasional Demokrat, baginya hal itu sudah masuk wilayah lain. “Saya tidak bisa komentar itu, tanyakan pada mereka saja,” jawabnya.

Menurutnya, antara ormas Nasional Demokrat dengan Partai Nasdem jelas berbeda. Jadi jangan disamakan maupun diidentikkan. “Kami tak pernah bahas proses Partai Nasdem,” katanya. Jika Ormas Nasional Demokrat membahas Partai Nasdem berarti Ormas Nasional Demokrat ikut melahirkannya. (eh)

Mengungkap Misteri: 4 Zodiak Paling Rumit dalam Astrologi
Pemain Arsenal, Leandro Trossard jebol gawang FC Porto

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Leandro Trossard menegaskan bahwa Ben White bermaksud mencetak gol keduanya dalam kemenangan Arsenal atas Chelsea, meskipun ada pertanyaan apakah itu sebuah kesalahan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024