Nazar Dihargai Rp100 Juta, Ini Tanggapan Anas

Bursa Ketua Umum Demokrat : Anas Urbaningrum
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) membuat sayembara untuk menangkap Muhammad Nazaruddin, mantan Bendahara Umum Demokrat yang saat ini menjadi buron Interpol. Mereka berjanji memberi Rp100 juta bagi masyarakat yang dapat membawa pulang Nazaruddin ke tanah air.

Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum  tidak mempersoalkan hal itu. “Oh, ada sayembara seperti itu ya? Saya kira itu inisiatif masyarakat. Saya kira hal itu baik,” kata Anas di Lapangan Senayan, Jakarta Selatan, Jumat 15 Juli 2011.

Namun Anas mengingatkan, aparat penegak hukumlah yang mengemban tanggung jawab resmi untuk memburu dan memulangkan Nazaruddin, rekan separtainya yang kini hilang tak tentu rimbanya itu. “KPK sedang bekerja, kepolisian juga sedang bekerja, pemerintah atas Instruksi Presiden juga sedang bekerja,” ujar Anas.

“Tapi sesungguhnya yang paling mudah adalah kesadaran Nazaruddin sendiri untuk segera pulang ke Indonesia guna menjalani proses hukum,” tegas Anas. Nazaruddin saat ini menjadi tersangka kasus suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games di Palembang.

Penasehat Kapolri, Bachtiar Ali, menyatakan bahwa Nazaruddin tak kunjung tertangkap karena lemahnya koordinasi antarpenegak hukum dan pihak-pihak yang berkepentingan.

Hidup dengan Kepala Menempel Selama 62 Tahun, Kembar Siam Tertua di Dunia Tutup Usia

“Tidak ada koordinasi antarpenegak hukum dan juga Partai Demokrat. Masing-masing punya agenda sendiri-sendiri,” kata Bachtiar. (umi)

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan komandan militernya

Iran Punya Aturan Serangan Baru Untuk Negaranya

Presiden Iran memperingatkan bahwa 'langkah sekecil apa pun' yang dilancarkan ke negaranya, maka akan langsung menimbulkan respons yang "keras" dari militernya. 

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024