Priyo: SBY Ingin Lari, Menteri Ketinggalan

Presiden SBY pakai iPad saat rapat Polhukam, Selasa 31 Agustus 2010
Sumber :
  • Rumgapres/Abror Rizki

VIVAnews- Hasil evaluasi Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) menunjukkan 50 persen menteri tidak menjalankan instruksi presiden menggulirkan wacana mengenai reshuffle kabinet.

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menilai presiden ingin lari cepat, namun banyak menteri sulit mengikuti keinginan SBY. Jika begitu, hal ini akan merugikan kabinet juga. "Presiden ingin lari cepat, tapi banyak menteri yang ketinggalan," katanya kepada VIVAnews.

Ia menegaskan bahwa kini bola ada di tangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menanggapi hasil evaluasi UKP4 itu. Apakah SBY akan melakukan reshuffle kabinet atau tidak. "Terserah presiden mau melakukan apa. Tetapi apakah berhasil atau tidak itu tanggung jawab presiden. Jadi halal hukumnya jika SBY ingin mengubah kabinetnya," tambahnya.

Sebelumnya Ketua UKP4 Kuntoro Mangkusubroto mengungkapkan sekitar separuh dari kementerian yang ada masih belum menjalankan Instruksi Presiden (Inpres) yang dikeluarkan sejak Januari 2011.

Kuntoro enggan menyebutkan spesifik penyebab dari tidak dilaksanakannya instruksi presiden tersebut. Dia hanya menyatakan bahwa kebanyakan menteri beralasan instruksi presiden belum bisa dilaksanakan atau belum bisa tercapai. "Macam-macam (penyebabnya)," kata dia.

Kuntoro hanya menyebut, menteri yang belum selesai mengerjakan tugas tersebut hampir merata di seluruh kementerian koordinator. Ia menjelaskan UKP4 berencana untuk menggelar evaluasi awal terhadap kinerja kementerian pada bulan Juli ini. "Saya kira biasa saja karena itu kan midterm preview yah dari pembahasan pembangunan," kata dia

Saat disinggung apakah evaluasi tersebut akan berujung pada reshuffle, Kuntor menegaskan hal tersebut bukan menjadi domain dari lembaganya. Hasil evaluasi inilah yang kemudian berkembang SBY akan melakukan pergantian kabinet.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa
Ilustrasi madu

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Perlu digarisbawahi bahwa hanya madu murni yang berkhasiat bagi kesehatan, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan pengawet atau pemanis

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024