Pimpinan DPR Kembali Temui SBY Bahas BPJS

Priyo Budi Santoso (Golkar) dan Jafar Hafsah (Demokrat)
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kembali mengundang pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat ke Wisma Negara untuk membahas rancangan Undang-undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Pertemuan pada sore ini melanjutkan pembicaraan kemarin.

"Sudah tentu menyinggung berbagai tata aturan perundangan yang selama ini ngadat, khususnya nanti tentang BPJS yang sekarang lagi in. Termasuk juga RUU Otoritas Jasa Keuangan yang mendapat perhatian khusus," kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 21 Juli 2011.

Mengenai BPJS ini, seluruh fraksi DPR menginginkan ada perlindungan jaminan sosial atas seluruh warga negara. "Tetapi kita menyetujui gagasan Bapak Presiden, kita ini bukan negara sosialis tapi juga bukan negara kapitalis. Jadi kira-kira kita mencari formula di antara dua titik tersebut," kata Priyo.

Priyo menyampaikan, DPR pada titik tertentu sepakat dengan penyampaian Presiden agar BPJS jangan terlampau membebani keuangan negara. Karena itu, pertemuan pimpinan DPR dengan Presiden ini diupayakan mencari klausul yang memungkinkan agar BPJS tetap berjalan. "Tetapi jangan menghalangi rencana kami yang sangat bagus untuk rakyat ini," kata Priyo.

Namun RUU ini dipastikan Priyo tidak bisa diketok palu pada masa persidangan yang sedang berjalan ini. Kemungkinan RUU akan ditunda pembahasannya di masa sidang depan. "Itu maksimal yang bisa kami lakukan dan itu harus ketok palu," kata Priyo.

Sebelumnya, pembahasan RUU BPJS kembali menemui jalan buntu. Pemerintah bersikukuh tidak akan melebur empat BUMN menjadi satu lembaga, yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Pemerintah lebih memilih tetap menjalankan empat BUMN dan membentuk BPJS sebagai lembaga terpisah. Empat BUMN tersebut adalah PT. Jamsostek, PT. Askes, PT. Asabri dan PT. Taspen. (adi)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024