Pendiri Demokrat: SBY Harus Lebih Tegas

Presiden SBY Buka Kongres Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Salah seorang tokoh senior dan pendiri Partai Demokrat, Vence Rumangkang, mengharapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Dewan Pembina bisa lebih tegas dalam menyelesaikan beragam persoalan politik yang sedang menimpa partai mereka.

Pemain Timnas Malaysia Faisal Halim Terancam Pensiun Dini Akibat Serangan Air Keras

Menurut Vence, SBY sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat mesti membuat langkah politik dalam menyelesaikan hiruk pikuk politik yang mendera partainya.

SBY, tambah Vence, diharapkan memberi solusi dengan langkah politik untuk menghentikan kemelut permasalahan yang dihadapi Partai Demokrat, karena sejumlah kadernya terlibat kasus hukum.

Namun tentunya, kata dia, solusi itu juga harus tidak mengesampingkan proses hukum.

Golkar Harus Cari Habibie Baru bila Ingin Menang Absolut pada Pemilu 2029, Menurut Pengamat

"Dalam kemelut yang dihadapi Partai Demokrat sekarang ini, harus ada sikap politik. Sebab, ini adalah arena politik tapi tidak mengesampingkan proses hukum. Tapi kalau kita terus menggiring pada proses hukum, tidak akan selesai persoalan itu," ujar Vence di lokasi Rakornas Demokrat, Sentul, Jawa Barat, Sabtu 23 Juli 2011.

Menurut Vence, Rakornas partai harus melahirkan pemikiran dan semangat baru bagi kader. Selain itu, mesti dapat dilakukan pencerahan kepada para peserta. "Bekali mereka dengan rasa optimis untuk melakukan pembenahan dan konsolidasi di daerah masing-masing," kata dia.

Sebagai pendiri partai ini, Vence berharap, Demokrat bisa lepas dari segala hiruk pikuk yang ada saat ini. "Harus segera diakhiri gonjang ganjing di partai ini. Harus ada solusi ini, untuk tujuan yang besar," ujar Vence.

Vence kembali meminta SBY selaku Ketua Dewan Pembina Demokrat melakukan langkah penyelamatan partai dalam ajang Rakornas ini.

"Sekarang kita dihadapkan pada masalah, apakah kita bela partai atau bela orang. Jadi, harus ada solusi upaya partai ini paling tidak bisa pertahankan keunggulan pemliu 2009 di pemilu 2014. Ini yang sangat kita harapkan. Kita gugah perasaan pak SBY selaku tokoh sentral partai ini melakukan langkah-langkah yang kita harapkan bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi," kata Vence.

"Karena kita di arena politik, tentu harus ada sikap politik. Pak SBY tentu punya resep bagaimana meredam dan mengeliminir persoalan ini. Pak SBY yang kita hormati, merupakan penggagas dan pendiri partai bersama-sama dengan saya dan teman-teman lainnya, kita harapkan betul-betul bisa mewujudkan impian keluarga besar Demokrat, agar partai ini bisa selamat dari gonjang ganjing, bisa membuat partai ini bisa jadi lebh baik lagi dari sebelumnya," tambah Vence.

Menurut Vence, hanya SBY yang mampu menyelamatkan partai karena memiliki segala kemampuan, kewenangan, dan ketokohan untuk itu. "Partai ini harus diselamatkan. Yang punya otoritas dan kewenangan penuh untuk itu ada di tangan Pak SBY," kata dia.

Kader Bermasalah

Ria Ricis dan Teuku Ryan Resmi Cerai, MA Hapus Putusan Sidang Dari Website

Vence menuturkan, langkah politik yang bisa dilakukan SBY misalnya dengan melakukan pembersihan partai dari kader-kader bermasalah. Hal ini demi meraih kembali kepercayaan masyarakat terhadap Partai Demokrat.

"Saya takut mimpi buruk saya akan terjadi bahwa partai ini hanya akan tinggal kenangan. Karena kita lihat opini masyarakat sudah terbangun bahwa partai ini di mata rakyat sudah tidak dipercaya. Untuk itu, mari kita kembalikan kepercayaan masyarakat kepada kita. Salah satunya adalah dengan membenahi diri kita," ujar Vence.

"Harus ada pembersihan dari kader yang dianggap bermasalah dalam partai ini," tambahnya. (ren)

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

Pasukan gabungan TNI-Polri Satgas Nanggala Kopassus merebut kembali Distrik Homeyo di Kabupaten Intan Jaya, Papua, yang sempat diduduki oleh kelompok OPM selama tiga hari

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024