Gelar Rakornas di Sentul, PD Habiskan Rp5 M

Rakornas partai demokrat di sentul
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Jhonny Allen Marbun mengungkapkan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Demokrat di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, kali ini menelan biaya sekitar Rp5 miliar.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

Panitia pelaksana Rakornas pada tahun ini memutuskan tidak menyediakan tiket transportasi dan tidak semua peserta memporoleh akomodasi berupa penginapan hotel.

"Kami hanya menyediakan hotel dan makan, dan hotel tidak untuk (perserta) yang berasal dari Pulau Jawa. Tanya saja sama kader-kader, mereka tidak terima transportasi, paling kami hanya bantu kasih bendera, kaos," kata Jhonny di sela Rakornas PD di Sentul, Bogor, Minggu, 24 Juli 2011.

Sumber pendanaan untuk gelaran Rakornas tersebut, ujar Jhonny, berasal dari kas partai dan iuran anggota. "Misalnya, Rp10 juta saja disumbang dari setiap anggota dewan, sudah (terhimpun) Rp1,5 milyar. Ada yang menyumbang Rp50 juta, nah ini kan bisa lebih," katanya. "Bahkan Susilo Bambang Yudhoyono juga menyumbang secara pribadi sesuai dengan ketentuan. Ya paling tidak Rp100 juta."

Persija Kurang Maksimal saat Kalahkan Persis, Ini Alasannya

Selain dari internal dan kader, Partai Demokrat juga mengaku terbuka bagi pihak luar yang bermaksud ikut memberikan sumbangan dengan catatan sesuai ketentuan undang-undang. "Ya pasti adalah (sponsor), kami juga tidak munafik, ketentuan di Undang-undang kan perusahaan boleh menyumbang. Ada lah (perusahaan penyumbang, kita juga tidak mau bilang tidak ada penyumbang," ujarnya.

Secara organisatoris, Jhonny memastikan keuangan Partai Demokrat tidak ada masalah (clear). Setiap bulan, pemasukan partai pendukung pemerintah ini bisa memperoleh iuran dari anggota legislator sekitar Rp750 juta. Sementara, pengeluaran rutin bulanan partai sendiri hanya berkisar Rp300juta sampai Rp500 juta.

"Berarti kan masih ada Rp250 juta. Dari sumbangan Rp750 juta tiap dari anggota DPR. Jadi clear itu.  Jadi saya ungkapkan kepada pengamat, ini clear semuanya," ujar Johnny.

Dia menambahkan, jika Partai berencana menggelar kegiatan-kegiatan berskala besar, para kader partai biasanya secara sukarela turut memberikan sumbangan.

Jelajahi Perth Tanpa Menguras Kantong: Panduan Liburan Hemat dan Penuh Keseruan

Untuk diketahui, SICC merupakan salah satu gedung pertemuan yang relatif baru dan berdiri di kawasan Sentul. Gedung ini sekarang menjadi alternatif untuk menggelar sejumlah acara besar diantaranya konser musik musisi tenar internasional. Sejumlah artis internasional yang pernah tampil di gedung baru ini di antaranya Justien Bieber dan Kyle Minogue.

Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Eks Stafsus Kementan Akui Pernah Diperintah SYL Urus Ultah Nasdem

Mantan Staf KhususSyahrul Yasin Limpo alias SYL di Kementan RI, Imam Mujahidin Fahmid mengatakan dirinya sempat mendapatkan perintah dari SYL untuk mengurus ultah NasDem.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024