Gamawan: Baliho Pejabat Tak Salahi Aturan

Baliho Nur Mahmudi Ismail
Sumber :
  • Dokumen VIVAnews

VIVAnews - Foto beberapa pejabat di DKI Jakarta terpampang di baliho di pinggir jalan. Foto-foto tersebut semakin bertebaran menjelang pemilihan gubernur DKI pada 2012 mendatang.

Terkait hal itu, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, menyatakan tak bisa berbuat apa-apa. Karena, para pejabat yang nampang itu tidak bisa disebut sedang kampanye untuk mencalonkan diri sebagai gubernur.

"Kalau kita bicara hukum, kalau dia tidak menyebut 'pilihlah saya' kanĀ  tidak kampanye," kata Gamawan di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 25 Juli 2011.

Menurut dia, foto-foto itu termasuk foto program dalam pemerintahan. "Foto itu kan foto program, foto imbauan, foto kegiatan," kata dia.

Dia mengatakan, pemasangan foto-foto pejabat dalam baliho itu tergantung pada daerah masing-masing. "Tergantung, kalau ada
anggarannya, silakan. Artinya DPRD juga setujuiĀ  anggaran itu," kata dia.

Harusnya, kata dia, kontrol terhadap anggaran pembuatan baliho itu ada di tangan DPRD. Apakah dewan menyetujui anggaran baliho itu atau tidak? "Jadi tidak semuanya ke pemerintah pusat karena kontrolnya ada di dewan itu sendiri," kata dia.

"Sepanjang tidak ada imbauan seperti 'pilihlah saya calon gubernur'. Kalau kita bicara hukum itu kan tidak apa-apa."

Dia menambahkan, foto itu sah-sah saja meski pun dipasang besar-besaran di ruang publik. "Sepanjang tidak ada aturannya apa
boleh buat. Sama saja kalau misalnya ada bupati kawin tiga kali, itu mana hukumnya," kata dia.

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran
Brigade al-Quds Brigade Tulkarm, Mohammad Jaber atau Abu Shujaa

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman

Komandan kelompok bersenjata Palestina Al-Quds, Brigade Tulkarm di Tepi Barat, Abu Shujaa yang diberitakan telah terbunuh oleh pihak Israel pekan lalu, tiba-tiba muncul.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024