"Saya Berharap Surya Paloh Kembali ke Golkar"

Deklarasi Nasional Demokrat: Surya Paloh
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Ketua Bidang Politik Partai Golkar Priyo Budi Santoso mengatakan partainya sedang melakukan pendataan kader intinya. Pendataan dilakukan hingga pertengahan Agustus 2011 ini.

Priyo membantah, pendataan itu terkait Deklarasi Partai NasDem. "Ini adalah langkah-langkah normal yang saban tenggat waktu tertentu secara semesteran itu kami lakukan. Karena kami ingin melakukan pengkaderan yang tersistematis dan modern. Ini tahapan yang dilakukan Golkar, ada atau tidak ada Nasdem," kata Priyo di Jakarta, Selasa 26 Juli 2011.

Menurut dia, Golkar mengedepankan kader penggerak teritorial desa (karakterdes). Kader itu merupakan garda terdepan menjalankan formula 4321. "Itu akan kami berlakukan, semacam MLM. Ini akan menjadi andalan Golkar," katanya.

Menurut Priyo, Golkar menyiapkan partainya sebagai partai kader sekaligus partai massa. Oleh karena itu, kader inti partai harus menginduk hanya dan hanya kepada partai golkar atau ormas-ormas yang secara sah menginduk kepada Partai Golkar.

"Tapi kalau ormas yang selama ini tidak berpolitik, tidak apa-apa. Seperti NU, Muhammadiyah," ujarnya.

Priyo menuturkan, kader Golkar yang juga aktif di partai Nasdem harus memilih salah satu.  Menurutnya, semua kader harus monoloyalitas. "Kalau di partai siapapun dia nggak peduli yang berjenggot atau tidak, berjubah atau tidak berjubah kalau masuk lain termasuk Partai Nasdem sudah tentu harus monoloyalitas di Golkar, harus Kembali ke pangkuan Golkar atau keluar," ujarnya.

Salah satu yang diharapkan Priyo kembali ke Golkar adalah Surya Paloh. Meski tak pernah memproklamasikan diri masuk Partai Nasdem, Surya Paloh adalah Ketua Umum ormas Nasional Demokrat dan beberapa kali bicara di depan Partai Nasdem.

"Saya harus akui termasuk Surya Paloh, saya berharap dan berdoa akan kembali (ke Golkar). Saya harus akui dia itu memang kader andalan yang kami punya sebenarnya. Kalau mau jujur, pendapat saya begitu. Ini andaikan mereka kembali ke Golkar, wah alangkah perkasanya Golkar," kata Priyo.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024