Badan Kehormatan DPR Hormati Ide Marzuki Alie

Ketua DPR Marzuki Alie
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews- Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR Nudirman Munir menghormati dan menghargai pemikiran Ketua DPR RI, Marzuki Alie terkait dengan KPK dan pemaafan koruptor. Menurut Nudirman, ide itu merupakan hak konstitusional yang bersangkutan.

"Secara pribadi saya berpendapat itu hak konstitusionalnya Pak Marzuki Alie, apakah sama atau berbeda itu hak dia. Kami menghormati hak konstitusi siapapun, meskipun dia Ketua DPR," katanya saat ditemui di gedung Komisi Yudisial, Jakarta, Selasa 2 Agustus 2011.

Namun demikian, Nudirman juga tidak bisa mencegah rekan-rekanya sesama anggota DPR yang berencana mengajukan mosi tidak percaya kepada Marzuki. Lagi-lagi, katanya, hal itu juga hak konstitusional yang wajib dihargai.

"Itu hak konstitusi teman-teman yang harus kita hormati juga, kalau dia melakukan mosi tidak percaya kita harus hargai itu. Karena, jangan sampai anggota DPR yang berbuat lalu dituding melanggar kode etik, melanggar tata tertib atau disiplin, justru kalau dia berbicara asalkan tidak melanggar norma, aturan atau moral itu silahkan saja," urai politisi Partai Golkar ini.

Nudirman menyatakan, mosi tidak percaya bukanlah sesuatu yang berlebihan karena telah diatur dalam undang-undang. Menurutnya, hal itu nantinya tergantung pada anggota-anggota Badan Kehormatan DPR, akan melanjutkan atau menolak.

"Kalau menurut saya tidak ada yang dilanggar (Marzuki Alie), tapi saya nggak tahu sepuluh anggota yang lain, dalam rapat pleno nanti kami tentukan apakah memang menurut teman-teman di BK telah terpenuhi alasan-alasan untuk dinaikkan dan diberikan nomer register perkara sehingga ditindaklanjuti atau ini ditolak," jelasnya.

Terkait dengan keberadaan KPK, Nudirman menambahkan bahwa dirinya dan Partai Golkar berbeda pendapat dengan Marzuki Alie. Mereka ingin peran dan wewenang KPK diperkuat.

"Saya ingin jangan ada intervensi politik kepada KPK. KPK itu harus diberikan kekebalan, imunitas, jangan seperti sekarang," ucapnya. "Imunitas artinya, tanpa izin presiden tidak boleh dilakukan penyelidikan, penyidikan, penuntutan apalagi penangkapan atau penahanan setiap anggota KPK," pungkasnya.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan
Sheila on 7

Terpopuler: Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, hingga Daftar Harga Tiket Konser Sheila On 7

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Selasa 23 April 2024:

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024