Ini Syarat Capres 2014 PDIP

Maruarar Sirait (PDIP) dan Andi Rahmat (PKS)
Sumber :
  • Antara/ Kencana

VIVAnews – Pemilihan Umum atau Pemilu masih tiga tahun lagi, tetapi sejumlah partai politik sudah mulai menyebut nama-nama calon presiden (Capres) tahun 2014 mendatang.

Bagaimana dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)? Menurut Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga PDIP, Maruara Sirait, meski partai Banteng Moncong Putih tersebut belum akan menyebutkan nama, namun ada sejumlah kriteria sosok yang akan dipilih PDIP.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

"Kita memang belum menyebutkan nama siapa Capres 2014, tapi PDIP memiliki kriteria atau syarat yang mesti dipenuhi," ujarnya saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Minggu 7 Agustus 2011.

Kriteria itu pertama, kata Maruarar, harus memiliki ideologi Pancasila. Kedua, menjunjung tinggi ekonomi kerakyatan. Ketiga, peduli terhadap kemiskinan dan pengangguran. Keempat, bisa memecahkan masalah bangsa. "Serta yang pasti, memiliki dukungan dari kalangan masyarakat," tuturnya.

Dia menambahkan, untuk mencari sosok atau figur yang cocok bagi Capres dari PDIP itu, partainya akan melalukan survei. "Sebab, kita akan tahu siapa yang memenuhi syarat itu dan masih diminati masyarakat," kata Maruarar.

Pada kesempatan itu, Maruarar mengungkapkan, pada Pemilu 2014 mendatang, partainya optimistis bisa mendulang suara. Untuk itu, PDIP gencar menggarap segmen pemilih pemuda.

Menurutnya, potensi segmen pemuda pada pemilu mendatang mencapai 40-42 persen. "Siapa yang mampu memenangkan hati anak muda, akan berpeluang memenangkan Pemilu 2014," kata Maruarar.

Terkait hal itu, kata Marurarar, PDIP kini mencanangkan slogan baru – PDI Perjuangan, Partainya Anak Muda. (eh)

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Mulai Hari Ini, Prabowo Subianto Bakal Dikawal Paspampres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024