Demokrat Setuju Penahanan Nazar di KPK

Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Ketua Departemen Pemberantasan Korupsi dan Mafia Hukum DPP Demokrat, Didi Irawadi Syamsuddin, partainya mendorong proses hukum kasus Nazaruddin terbuka dan transparan.

"Pers sudah terbuka. Kontrol pers luar biasa. Saya yakin tak akan terjadi hal yang dispekulasikan itu," ujar Didi di Jakarta, Rabu, 10 Agustus 2011.

Didi setuju bila penahanan Nazar nanti berada di bawah pengawasan KPK. "Menurut saya langsung saja dia (Nazar) diamankan di KPK begitu tiba di Indonesia. Kan kasus ini lebih banyak peranan KPK. Jadi begitu dia tiba langsung dibawa ke KPK, dilakukan penahanan, soal ditahan di mana biar KPK yang menentukan," kata Didi.

Menurut Didi, anggapan atau kecurigaan mengenai kasus Nazaruddin bakal diintervensi jika tidak diberi perlindungan terhadap fisik maupun informasinya terlalu berlebihan.

"Bagaimana mugkin akan ada permainan itu. Saya kira tidak akan ada yang berani bermain-main dalam kasus Nazarudin di era yang telah sangat terbuka begini. Sorotan masyarakat sebagian besar tertuju pada Nazaruddin.," kata Didi.

Didi juga mengingatkan agar sesama instansi penegak hukum harus menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dalam memproses kasus Nazaruddin. Didi menilai sebaiknya KPK yang menangani kasus Nazaruddin.

"Tak boleh terjadi persaingan dalam membongkar suatu hal yang banyak tuduhan itu diarahkan ke Nazaruddin. Saya lihat kasus Nazar ini lebih banyak porsi KPK. Oleh karena itu biar KPK yang menangani, sesuai kewenangan dan kompetensinya," kata Didi.

Sementara itu, Ketua Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Demokrat, Denny Kailimang, di lokasi yang sama menyatakan hal serupa.

Menurut Denny, Nazaruddin harus membuka informasi yang dimilikinya seluas-luasnya. Partai Demokrat juga tidak akan melindungi kadernya jika memang terbukti melakukan pelanggaran hukum.

"KPK tinggal tunggu kesaksian Nazaruddin. Dia tidak perlu dibungkam. Partai Demokrat tidak menghalang-halangi jika ada kader yang terkait. Status Nazaruddin di Demokrat juga sudah selesai. Semua nama disebut Nazaruddin silahkan saja diperiksa," kata Denny.

Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok
Duel Dewa United vs Madura United

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

Dewa United menjaga asa mereka lolos ke babak Championship Series setelah menahan imbang Madura United 2-2 pada pekan ke-33 Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024