PKB Mulai Garap Mahasiswa

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.
Sumber :
  • Antara/ Saiful Bahri

VIVAnews - Partai Kebangkitan Bangsa kini menyasar pemuda dan mahasiswa. PKB kembali menggelar Akademi Politik Kebangsaan, program pendidikan politik khusus yang diselenggarakan sayap muda PKB, Garda Bangsa, untuk aktivis pemuda dan mahasiswa.

"Tren kepercayaan rakyat pada parpol memang menurun. Tetapi kami minta rakyat untuk tetap mempercayai keberadaan parpol karena ia merupakan instrumen demokrasi yang tidak bisa ditolak," kata Ketua Umum Dewan Koordinasi Nasional Gerakan Pemuda Kebangkitan Bangsa (Garda Bangsa) Hanif Dhakiri.

Hal itu disampaikan Hanif saat membuka Akademi Politik Kebangsaan di Kantor DPP PKB, Jakarta, 21 Agustus 2011. Menurut Hanif, mengatakan partai politik di Indonesia perlu terus menerus memperbaiki diri guna meningkatkan kepercayaan rakyat.

Ia juga meminta rakyat untuk tetap mempercayai keberadaan partai politik. Menurutnya, partai politik merupakan instrumen demokrasi yang tidak bisa ditolak, walaupun di sana-sini diperlukan perubahan dan perbaikan.

Menurut Sekretaris FPKB DPR RI ini, demokrasi tidak akan pernah ada tanpa partai politik. Sebab partai politiklah yang menjadi pusat mediasi politik dalam demokrasi.

Oleh karena itu, ia menegaskan perlunya partai politik melakukan perubahan dan perbaikan agar kepercayaan rakyat dapat terus dipelihara dan ditingkatkan. "Demokrasi tanpa partai politik itu mimpi dan ilusi sekelompok elit yang anti-partai tapi mau langsung berkuasa. Itu justru berbahaya," kata dia.

Hanif tidak menampik sinyalemen partai politik dewasa ini belum memuaskan publik. Namun ia justru berharap publik terus mengawasi partai dan mendorongnya melakukan perubahan dan perbaikan.

Yang penting, kata Hanif, jangan sampai kritisisme terhadap partai itu didasari semangat anti-partai. Hal itu jelas tidak benar dan justru berbahaya bagi demokrasi Indonesia yang sedang dikonsolidasikan.

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang Perempat Final Piala Asia U-23 2024
Ilustrasi tidur.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Tidur telanjang tidak hanya membuat seseorang merasa nyaman dengan diri sendiri, tetapi juga menghasilkan tidur yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024