Priyo : Saya Kehilangan Bang Surya Paloh

Surya Paloh
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ketua Bidang Politik Partai Golkar Priyo Budi Santoso mengaku kehilangan dengan mundurnya Surya Paloh dari Golkar.  Priyo menilai, Surya Paloh merupakan tokoh penting Partai Golkar. "Jujur saya merasa kehilangan," kata Priyo ketika dihubungi, Rabu 7 September 2011.

Priyo menuturkan, Surya merupakan tokoh penting dengan posisi penting di tubuh Golkar dalam rentang waktu yang lama. Surya juga pernah menjabat Ketua Dewan Penasehat Partai era Jusuf Kalla.

"Awalnya saya termasuk yang berharap bang SP tetap bersama-sama kami membesarkan Golkar. Bang SP adalah tokoh penting," kata dia. Walau begitu, Priyo tetap menghormati pilihan Surya Paloh. Meski sudah tidak satu parpol lagi, dia berharap tetap bisa bersinergi membangun politik dan demokrasi di Indonesia.

"Mungkin beliau  ingin mencurahkan penuh di Nasdem. Banyak hal yang masih bisa kita sinergikan dalam membangun demokrasi," ujarnya.

Surya Paloh, Rabu siang, 7 September 2011, di Jakarta, menggelar konferensi pers. Ia secara resmi menyatakan diri keluar dari Partai Golkar. Paloh mengaku butuh kontemplasi dan perenungan yang panjang untuk memutuskan meninggalkan partai yang turut membesarkan namanya tersebut.

"Hari ini dengan kesadaran yang baik, pikiran yang baik, dan keinginan agar membuka jalan bagi Partai Golkar bagi pemilih pemula, saya mengambil inisiatif keluar dari Partai Golongan Karya," katanya.

Ia menyoroti kiprah Golkar yang terus menurun dalam tiga pemilu terakhir pasca reformasi menjadi salah satu materi perenungannya. "Wajar bila ini menjadi perenungan, ada apa, apa yang salah, kurang dalam tubuh Golkar. Golkar tidak mampu meneruskan, menyesuaikan dengan keinginan baru masyarakat Indonesia, khususnya para pemilih pemula," lanjutnya.

Menurutnya, kondisi itu membuat Partai Golkar terus ditinggalkan para pemilih pemula. Sementara jumlah pemilih pemilu pemula terus bertambah dari waktu ke waktu.

Paloh juga mengaku bahwa Partai Golkar sudah tidak membutuhkannya lagi. "Saya lihat Golkar tidak lagi memerlukan orang seperti saya. Dan, saya juga tidak memerlukan Golkar lagi," ujarnya.

Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan
Denny Cagur

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

Denny Cagur mengungkap bahwa satu tahun sebelum meninggal, sang ibunda memberi kado ulang tahun tak biasa kepada dirinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024