PDIP: Presiden Harus Berani Rombak Kabinet

Tjahjo Kumolo (PDIP)
Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVAnews - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus lebih berani mengambil keputusan perombakan kabinet. Sekalipun menteri itu tersandung masalah pribadi, bila tidak sejalan, perombakan bisa dilakukan.

"Saya kira itu hak beliau dan beliau jangan merasa tersandera oleh partai-partai politik yang ada. Seharusnya Presiden berani," kata Tjahjo saat ditemui dalam acara Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), di Hotel Sheraton Media, Gunung Sahari, Jakarta, Jum'at 16 September 2011.

Meskipun demikian, anggota Komisi I Bidang Luar Negeri DPR RI ini menyatakan perombakan kabinet sepenuhnya adalah hak preogratif presiden. PDI Perjuangan dalam hal ini tidak memiliki kepentingan apapun.

"Saya tidak punya kepentingan. Saya kira Presiden punya hak dan harus lebih berani," kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini.

Terkait dengan sejumlah menteri yang ditengarai terlibat persoalan korupsi dan hukum, Tjahjo menuturkan reshuffle tidak berhubungan dengan hal itu. Dia melihat perombakan kabinet lebih kepada kebutuhan seorang Presiden.

Dia menambahkan untuk mengganti mereka, Presiden tidak harus menunggu seorang menteri terlibat kasus hukum atau menjadi tersangka. Yang menjadi permasalahan menurutnya adalah janji seorang presiden saat berkampanye adalah menjadi program kerja pemerintah.

"Janji itu adalah hutang politik presiden kepada masyarakatnya, dijabarkan oleh seluruh anggota kabinetnya. Nah, kalau jangka pendek setahun dua tahun, dianggap tidak mampu secara optimal ya harusnya Presiden berani untuk mengganti," kata dia.

Saat ini dua kementerian dilanda kasus dugaan suap dan korupsi. Kasus pertama adalah suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Kasus kedua adalah suap pencairan dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Transmigrasi di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (eh)

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik
Aura Jeixy Teman Chandrika Chika

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Masyarakat sedang ramai membicarakan penangkapan enam selebgram di sebuah hotel di Jakarta Selatan pada hari Senin, 22 April 2024, termasuk Chandrika Chika.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024