Wa Ode Bantah Punya 21 Transaksi Mencurigakan

Wa Ode Nurhayati, anggota Badan Anggaran dari Fraksi PAN
Sumber :
  • Akun twitter Wa Ode Nurhayati

VIVAnews - Anggota Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Wa Ode Nurhayati, mendapat kabar bahwa dirinya disebut-sebut pemilik 21 transaksi mencurigakan yang disebut dalam laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Wa Ode membantah keras dan siap buka-bukaan.

"Kalau ternyata itu punya saya, ini artinya benar bahwa ini adalah rentetan dari kasus kemarin," kata Wa Ode Nurhayati dalam perbincangan dengan VIVAnews.com di Jakarta, Minggu 18 September 2011.

Wa Ode siap membuktikan segala transaksi yang dimilikinya. Anggota DPR dari daerah pemilihan Sulawesi Tenggara itu membantah melakukan transaksi ilegal. Dia bisa membuktikan semua transaksi yang pernah dilakukannya.

"Saya sangat yakin, saya tidak pernah melakukan transaksi ilegal, transaksi kolektif di DPR. Dan itu bisa dibuktikan lewat transaksi saya. Semua transaksi saya berdasarkan UU," kata Wa Ode.

Wa Ode mengakui memang memiliki usaha pribadi, tapi itu tidak melanggar aturan undang-undang sebagai anggota DPR. "Saya siap membuktikan."

Adanya 21 transaksi mencurigakan itu disampaikan Wakil Ketua DPR Pramono Anung kemarin. Pimpinan DPR mendapat laporan itu dari PPATK. Tetapi, Ketua DPR Marzuki Alie menegaskan bahwa transaksi itu berasal dari satu orang di Badan Anggaran DPR.

"Ada satu orang transaksinya mencapai 21 kali, nilai transaksinya ada Rp500 juta sampai berapa miliar dan itu dicurigai," kata Marzuki Alie di acara Halal bi Halal PWNU DKI Jakarta di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu, 18 September 2011.

Apakah transaksi itu milik Wa Ode? "Saya tidak bisa sebut iya atau tidak," kata Marzuki.

Kasus yang melanda Wa Ode ini berawal dari ketimpangan di Badan Anggaran. Nurhayati menyampaikan bahwa sedianya ada 120 daerah yang mendapat anggaran Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (DPID), tetapi malah dialihkan ke daerah lain.

Lalu, dalam sebuah program dialog di televisi, Wa Ode menyatakan,"Pimpinan Dewan Penjahat Anggaran." Akibat pernyataannya itu, Ketua DPR Marzuki Alie melaporkan Wa Ode ke Badan Kehormatan DPR. Wa Ode pun sudah lebih dari dua kali memenuhi panggilan Badan Kehormatan. (art)

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal
Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Dalam berita terbaru yang mengejutkan, dilaporkan bahwa empat teroris yang terlibat dalam serangan mengerikan di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat,

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024