LSI: Kepuasan Publik Jatuh, Segera Reshuffle

Kabinet Indonesia Bersatu jilid II
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Lembaga riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA menyebut kepuasan publik atas kabinet SBY-Boediono mengalami kemerosotan. Dalam survei terbaru yang dilaksanakan pada 5-10 September 2011, LSI menemukan hanya 37,7 persen publik yang puas atas kinerja kabinet SBY jilid kedua itu.

"Setelah heboh kasus korupsi di dua kementerian, Menakertrans dan Menpora, kepuasan publik atas kabinet SBY-Boediono jatuh di bawah 40 persen," ujar peneliti LSI, Adjie Alfaraby.

Hal itu disampaikan Adjie saat menggelar konferensi pers, 'Menuju Reshuffle Kabinet? Melorotnya Kepuasan Publik Atas Dua Tahun Kabinet SBY-Boediono', di kantor Lingkaran Survei Indonesia, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu, 18 September 2011.

Berdasarkan data survei yang dimiliki LSI, dalam waktu kurang dari dua tahun, kepuasan publik sudah merosot sekitar 15 persen. Mereka mencatat, pada Januari 2010, ketika kabinet berusia 100 hari, kepuasan publik di angka aman sebesar 52,3 persen.

Sementara itu, ketika kabinet berusia satu tahun, kepuasan publik menurun ke angka 46,5 persen. "Tiga kali survei dengan metode yang sama, penurunan terjadi secara bertahap, setiap periode waktu. Ini warning terhadap pemerintahan SBY-Boediono," lanjut Adjie.

Survei dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling, dengan wawancara tatap muka melalui kuesioner terhadap 1.200 responden. Margin of error survei mencapai 2,9 persen.

"LSI menyimpulkan reshuffle kabinet untuk kondisi seperti ini adalah sebuah keharusan. Tanpa penyegaran kabinet, prestasi SBY-Boediono tak akan membumbung tinggi," jelas dia. (art)

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel
Pemain Timnas Qatar U-23 merayakan gol

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Timnas Qatar U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai sang tuan rumah mengalahkan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024