Mahfud: Reshuffle Tak Akan Perbaiki Indonesia

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Mahfud MD
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, mengaku pesimis dengan reshuffle yang akan dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Menurut dia, perombakan kabinet itu tidak akan memberikan perbaikan untuk Indonesia, khususnya dalam segi penegakan hukum.

"Ragunya apakah reshuffle bisa lebih baik, siapapun orangnya, karena masalah sudah banyak, umumnya masalah penegakan hukum," kata Mahfud di Gedung MK, Jakarta, Senin, 19 September 2011.

Menurut dia, persoalan di Indonesia, khususnya bidang hukum, sudah pelik. Sehingga, kata dia, siapapun menterinya pasti kalang kabut untuk memperbaiki institusi yang dipimpinnya. "Bukan karena sumber daya manusianya yang tidak baik, tetapi permasalahan negara Indonesia sudah sangat berat," kata mahfud.

"Misalnya Kemenkumham, sudah sejak dulu masalah Lembaga Pemasyarakatan (LP) itu bukan soal mudah, sehingga perlu adanya tindakan tegas dari yang lebih atas. Sama jugan Kejaksaan Agung, Kepolisian itu masalahnya juga banyak," ujarnya.

Dia menambahkan, jika SBY benar-benar melakukan perombakan kabinet, maka harus ada pengendalian yang lebih tegas dari atasan terhadap bawahannya. "Pengendalian itu bukan intervensi penegakan hukum, tapi meluruskan sesuai dengan arah penegakan hukum," tegasnya.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pilkada 2024, dia justru menilai Kasatpol PP DKI Arifin berpotensi maju di Pilkada DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024