Tim Ekonomi SBY Terkena Reshuffle?

Kabinet Indonesia Bersatu jilid II
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono gamblang menyebut penataan kabinet alias reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II akan dilakukan sebelum 20 Oktober 2011. Siapa saja menteri yang akan digeser?

"Tim ekuin (Ekonomi, Keuangan dan Industri) yang kemungkinan besar akan terkena reshuffle," kata seorang petinggi partai koalisi dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Jumat 23 September 2011.

Menilik kembali Tim Ekonomi kabinet SBY. Siapa saja yang duduk di sana. 'Komandan' Tim Ekonomi SBY dipegang Menteri Koordinator Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional lulusan ITB, Hatta Rajasa.

Kemudian ada Agus Martowardojo yang menjabat Menteri Keuangan menggantikan Sri Mulyani Indrawati. Lalu ada Menteri Perdagangan Mari Pangestu dari Universitas Indonesia.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana dan Menteri Perindustrian Muhammad Sulaeman Hidayat dari Universitas Padjajaran yang juga mantan Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia. Berikutnya, Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar dari IPB yang masih terbaring sakit di Singapura.

Hatta Rajasa dipastikan aman. Tapi bagaimana dengan menteri ekonomi lain? "Agus Marto, dia itu baik dan profesional, tapi dia bukan orang politik," kata dia. "Tapi Hatta Rajasa jadi tidak terliat powerfull." Apakah Agus Marto terkena reshuffle? Semua tergantung Presiden.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Fraksi PAN Viva Yoga. Menurut Viva, ada sesuatu yang terjadi pada tim ekonomi Kabinet Presiden SBY. Tim ini dinilai kurang menunjukkan kinerjanya.

"Menurut saya Tim Ekuin memang bermasalah. Tim itu kurang maksimal seperti ESDM, Perhubungan, Kemenpera," kata Viva yang juga Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP PAN ini dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Jumat 23 September 2011.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Kemarin, Ketua MPR yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan Taufiq Kiemas juga menyentil soal tim ekonomi SBY. Tetapi Taufiq menilai Hatta Rajasa berkinerja sangat baik. "Hatta itu tangannya dingin dan untung. SBY juga dingin," kata Taufiq Kiemas kemarin.

Saat ini Agus Marto yang juga mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu masih berada di Amerika Serikat. Agus Marto sedang mengikuti acara Bank Dunia. (adi)

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024