Wakil Ketua DPR: KPK Jadi Sporadis

Ketua Banggar Melchias Marcus Mekeng dan Wakil Olly Dondokantbey
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengingatkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi untuk bisa berhati-hati menggunakan kewenangannya dalam mengusut kasus dugaan korupsi. Pernyataan ini masih terkait pemanggilan pimpinan Badan Anggaran DPR oleh KPK.

"Dengan seluruh kewenangannya, KPK memang berhak memanggil siapa saja. Tetapi tolong juga, ada unsur kehati-hatian," kata Priyo Budi Santoso di gedung DPR, Jakarta, Jumat 23 September 2011.

Pemanggilan KPK kepada pimpinan Badan Anggaran, kata Priyo, harus berlaku sama kepada pemerintah. Apalagi, panggilan kepada Badan Anggaran kemarin di KPK esensinya hanya ingin menanyakan seluk-beluk persetujuan anggaran.

"Jangan terkesan kemudian semua menjadi heboh. Jadi KPK sporadis memanggil semua terhadap masalah ini," kata Priyo yang juga politisi Golkar ini. Maka kalau memang serius mengusut kasus dugaan korupsi Kemenakertrans, menurut Priyo, KPK juga harus memanggil pihak pemerintah.

Priyo mengakui keinginan Banggar mengembalikan mandat kepada pimpinan DPR muncul karena terganggu dengan pemeriksaan yang dilakukan KPK terkait kasus Kemenakertrans. Priyo melihat Badan Anggaran sudah merasa tidak nyaman atas panggilan KPK kemarin.

Ketidaknyamanan itu karena esensi pemeriksaan KPK lebih kepada kebijakan anggaran. "Kenapa kok kemudian mereka seperti disalahkan, semua telunjuk tertuju pada pimpinan dan anggota Badan Anggaran. Itu yang bikin tidak nyaman," kata Priyo.

KPK memanggil empat pimpinan Badan Anggaran DPR terkait kasus dugaan suap di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Namun Badan Anggaran mengeluhkan pemeriksaan karena KPK bukan fokus pada indikasi tindak pidana korupsi, melainkan proses pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh Badan Anggaran.

"Dulu waktu kasus Century, KPK-lah yang datang ke Kantor Menkeu untuk mempertanyakan mekanisme pengambilan kebijakan soal Century. Jadi sekarang kenapa bukan KPK juga yang datang ke DPR," protes Ketua Banggar, Melchias Marcus Mekeng. (adi)

2 Debt Collector yang Hendak Ambil Paksa Mobil Polisi di Palembang Jadi Tersangka
Parto Patrio.

Istri Ungkap Kondisi Terkini Parto Patrio Usai Jalani Operasi

Komedian Parto Patrio baru-baru ini dilarikan ke rumah sakit karena kondisi kesehatannya menurun. Informasi itu disampaikan oleh istri Parto, Diena Risty di Instagram.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024