SBY Utarakan Rencana Reshuffle Saat Ultah

Pengamat politik Daniel Sparingga, Arbi Sanit dan Arie Sudjito
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Rencana perombakan atau reshuffle kabinet rupanya sudah dilontarkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebelum mencuat ke publik. Menurut Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Politik, Daniel Sparingga, SBY melontarkan niat reshuffle saat berulang tahun.

"Ya, sembilan [September] memang hari ulang tahunnya. Di tanggal ulang tahun itu, Presiden juga pernah utarakan hal yang sama. Bahwa reshuffle akan dilakukan pada hari-hari pertama memasuki tahun ketiga kabinet," kata Daniel dalam sebuah diskusi, Sabtu 24 September 2011.

Menurutnya, SBY menginginkan sebuah komitmen dan semangat baru dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. "Gaya memimpin dari menteri diharap berubah, bahkan hingga ke tingkat Dirjen, bupati, hingga walikota," imbuhnya.

Daniel mengakui,  perombakan kabinet ini memang sebelumnya sempat tertunda. Namun, kali ini reshuffle untuk melakukan perubahan. "Orang-orang yang sudah merasa lelah, tidak cakap, tidak mampu. Kita butuh awak baru," jelasnya.

Sebelumnya, SBY sudah memberikan lampu hijau untuk perombakan saat menghadiri forum Tarbiyah Islamiyah di Jambi, Kamis 22 September 2011.
"Bulan depan akan genaplah Kabinet Indonesia Bersatu II berusia dua tahun. Sehingga dengan pola pikir seperti itu, evaluasi separuh jalan, saya mesti mengatakan sekaranglah saat yang tepat untuk melakukan penataan kembali atas kabinet yang saya pimpin," kata SBY.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya
Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024