Pimpinan DPR Sikapi Penolakan KPK

Pramono Anung Wibowo
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Pimpinan DPR dibuat pusing sikap Komisi Pemberantasan Korupsi yang menolak memenuhi undangan rapat konsultasi. Siang ini, DPR menggelar rapat pimpinan menyikapi penolakan KPK itu.

"Mengenai apakah pimpinan KPK akan hadir atau tidak, itu dalam rapim pimpinan akan menentukan langkah-langkah yang akan diambil," kata Wakil Ketua DPR Pramono Anung di DPR, Kamis 29 September 2011.

Hari ini merupakan kali kedua DPR mengundang KPK. Selasa lalu, KPK menolak hadir dengan alasan undangan mendadak dan dua pimpinan tidak di tempat. Hari ini, KPK menolak karena rapat melibatkan pihak yang sedang terkait perkara yang ditangani KPK. Yakni, pimpinan Banggar sedang menjadi saksi kasus Kemenakertrans.

"Kami menghargai dan menghormati apa yang menjadi keputusan pimpinan KPK. Tetapi dalam hubungan kelembagaan tentunya harus ada perbedaan hal yang harus dipenuhi atau tidak," kata Pramono.

Pramono menegaskan, berkaitan dengan pemeriksaan pimpinan Banggar, pimpinan DPR sama sekali tidak ingin ikut campur dalam urusan substansi. Sebab, substansi itu kewenangan sepenuhnya pimpinan dan penyidik KPK. "Tapi hal yang berhubungan dengan hubungan kelembagaan ini kan hal yang berbeda," ujarnya.

Sebelumnya, juru bicara KPK Johan Budi memastikan bahwa KPK tidak akan hadir dalam rapat konsultasi siang ini. Alasan KPK, pertama karena KPK saat ini sedang melakukan proses penyidikan dalam kasus di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Dalam kasus itu, ada empat anggota DPR yang juga pimpinan Badan Anggaran diperiksa sebagai saksi, dan karena rapat siang nanti juga menghadirkan Badan Anggaran," kata Johan saat dihubungi VIVAnews.com, Kamis 29 September 2011.

KPK sudah melayangkan surat resmi kepada pimpinan DPR untuk ketidakhadiran siang nanti. Alasan kedua, KPK ingin menjaga kehormatan dan kredibilitas DPR maupun KPK sendiri. "Karena itu, surat kemarin bunyinya pimpinan KPK meminta pemahaman pimpinan DPR untuk KPK tidak menghadiri rapat konsiltasi itu," jelas Johan. (adi)

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien
Ilustrasi - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024