Pendukung Penetapan Gubernur DIY Pecah?

Sidang rakyat Bantul untuk penetapan jabatan Gubernur DIY
Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Kegiatan budaya untuk mendukung keistimewaan yang digelar Sekretariat Bersama Keistimewaan ternyata tidak sejalan dengan program pendukung Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta ditetapkan lainnya. Pro-penetapan lainnya yakni Paguyuban Dukuh (Pandu) DIY Semarsembogo menyatakan tak tahu menahu dengan acara yang rencana digelar pada Senin 3 Oktober 2011 malam ini.

Ketua Paguyuban Dukuh (Pandu) DIY Semarsembogo, Sukiman, mengaku tidak diajak berkomunikasi oleh pengurus atau panitia ritual kebudayaan yang digelar Sekber Keistimewaan yang dipimpin Hasto. “Kalau yang masalah ritual budaya, Paguyuban Dukuh (Pandu) DIY tidak akan terlibat dan tidak akan melibatkan diri,” kata Sukiman, Senin, 3 Oktober 2011.

Sukiman menyatakan ritual kebudayaan untuk keistimewaan yang digelar oleh Sekber Keistimewaan bertepatan dengan malam Selasa Kliwon atau malam yang dianggap keramat bagi masyarakat Jawa ini merupakan agenda mereka sendiri. Tidak pernah dikomunikasikan dengan elemen pro-penetapan yang lainnya.

“Itu agendanya Sekber Keistimewaan DIY, kami tidak ikut-ikut katanya,” katanya.

Lebih lanjut Sukiman menyatakan, kegiatan dari paguyuban dukuh maupun kepada desa se-DIY saat ini sedang membahas masa perpanjangan jabatan Gubernur DIY selama satu tahun. ”Kami sedang membahas strategi agar RUUK DIY segera disahkan dengan jabatan gubernur dan wakil dilakukan dengan penetapan,” katanya.
 
Senada dengan Sukiman, Ketua Paguyuban Dukuh (Pandu) Kabupaten Bantul, Sulistiyono Admojo, ketika dikonfirmasi enggan untuk memberikan tanggapan dan agar rencana tersebut ditanyakan langsung kepada Sekber Keistimewaan. ”Saya tidak berkompeten untuk menjawab itu. Silakan bertanya kepada ketua Sekber Keistimewaan DIY,” ujarnya singkat.

Laporan Juna Sanbawa | Yogyakarta

Kowani Kaji Uji Materi Aturan Pembagian Harta Bersama yang Merugikan Perempuan
Sandra Dewi

Sandra Dewi Ngaku Takut Tuhan, Suami Malah Korupsi Rp271 Triliun

Sandra Dewi ikut menjadi sorotan publik setelah sang suami, Harvey Moeis, ditetapkan sebagai salah satu tersangka korupsi timah yang merugikan negara hingga Rp271 triliun

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024