Pramono-PDIP: Lumayan, 23% Masih Suka

Pramono Anung Wibowo
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnew - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Pramono Anung merasa tidak terkejut dengan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia yang menyatakan penurunan citra politisi di mata publik hingga 21 persen. Kini hanya tersisa 23 persen responden yang menilai positif citra politisi.

"Saya termasuk yang memandang kalau pun tidak ada survei itu, pasti citra politisi, dengan hingar-bingar pemberitaan yang tidak ada pemberitaan baik, wajar saja tidak ada respon positif dari publik," kata Pram. "Apalagi hampir enam bulan ini boleh dikatakan adalah bulan-bulan dengan pemberitaan yang buruk bagi politisi, terutama hal yang menyangkut tindak pidana korupsi," ujar Pram di Gedung DPR, Jakarta, Senin 3 Oktober 2011.

Meski kini publik yang mendukung kinerja politisi bagus hanya 23,4 persen, menurut Pram, hal itu tetap harus disyukuri. Sebab, menurut Pram, sebenarnya bisa dapat lebih buruk dari itu kalau memang publik kejam menghukum para politisi. Maka menurut Pram, hasil survei tetap harus jadi cambuk bagi politisi agar berkinerja lebih baik.

"Jadi ini merupakan warning bagi politisi untuk bersikap dan bertindak lebih baik," kata mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Pram juga mengimbau para politisi agar turut mendukung upaya pemberantasan korupsi dalam tindakan nyata. "Terutama pada hal-hal yang dulu ketika mereka berkampanye baik itu pada tingkat pemilihan nasional ataupun bupati, gubernur, dan lain sebagainya, mereka kan selalu jargonnya antikorupsi. Tetapi seringkali tindakannya malah menyakiti hati rakyat," kata Pram.

Kemarin, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) melansir, citra positif politisi di mata masyarakat hancur, merosot drastis. Selama enam tahun sejak survei yang sama dilangsungkan pada tahun 2005, LSI menemukan penurunan mencapai angka 21 persen.

LSI mencatat tahun 2011 ini, hanya 23,4 persen yang menganggap positif citra politisi. Sisanya, sebanyak 51,3 persen menyatakan buruk atau sangat buruk dan 25,3 persen memilih tidak tahu atau tidak menjawab. Di tahun 2005, 44,2 persen responden menilai kerja politisi masih relatif baik. (eh)

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa
LPS gelar jumpa pers di Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Kantor LPS Bakal Hadir di Medan, Diresmikan 3 Mei 2024

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kini membuka Kantor Perwakilan LPS I Medan, di Gedung Sinarmas Plaza, Kota Medan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024