Marzuki:Citra Politisi Anjlok, Bukan Hal Baru

Ketua DPR Marzuki Alie pimpin rapat bahas proyek gedung
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Marzuki Alie mengatakan merosotnya citra politisi di mata rakyat bukanlah hal baru. Menurut dia, banyaknya kasus yang menjerat para politisi, khususnya yang duduk di DPR, menambah merosotnya citra politisi itu.

"Pada tahun 2005-2009 banyak sekali kasus-kasus yang melibatkan anggota parlemen dan orang politik, sehingga ekspektasi menjadi turun. Ini bukan hal baru," kata Marzuki di Istana Presiden, Jakarta, Senin 3 Oktoer 2011.

Sebelumnya, LSI mengeluarkan hasil riset terkait citra politisi. Dari hasil riset itu diketahui hanya 23,4 persen yang menganggap citra politisi positif. Sisanya, sebanyak 51,3 persen menyatakan buruk atau sangat buruk dan 25,3 persen memilih tidak tahu atau tidak menjawab. Di tahun 2005, 44,2 persen responden menilai kerja politisi masih relatif baik.

Menurt Marzuki, DPR harus menyiapkan rencana strategis untuk mengembalikan citra politisi. Dia mengatakan, dirinya sudah bicara soal turunnya citra politisi di beberapa tempat. "Jadi, tidak usahlah disurvei LSI, itu sudah disurvei. Kalau tidak pernah dengar omongan saya ini memang hal baru," kata dia. 

Namun demikian, lanjut Marzuki, hasil survei ini akan dijadikan referensi untuk melakukan pemetaan di DPR. "Lalu kita mau bawa kemana lembaga ini," ucapnya. (eh)

Peringatan Hari Otonomi Daerah Nasional, Jaya Negara Menerima Dua Penghargaan
Dok. Istimewa

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Megawati Soekarnoputri menyampaikan sejumlah kualifikasi sikap serta tindakan yang harus diperkuat oleh para kader partai, khususnya yang akan maju di pilkada serentak.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024