DPR Pertanyakan BAP dari KPK Bocor ke Publik

Busyro Muqoddas
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - DPR mempertanyakan adanya sejumlah Berita Acara Pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi yang kerap bocor ke media. Padahal, bocornya dokumen Berita Acara Pemeriksaan ke publik itu melanggar undang-undang.
 
"Kita semua tahu, setiap kali ada pemeriksaan selalu saja BAP itu diketahui publik. BAP ada di jalan-jalan," kata Ketua Komisi III Bidang Hukum DPR Benny Kabur Harman di dalam rapat bersama pimpinan KPK, gedung DPR, Jakarta, Senin 3 Oktober 2011.

Benny juga mempertanyakan 'ulah' KPK yang kerap mengumumkan hasil pemeriksaan pejabat yang menjadi saksi. DPR melihat itu sebagai agenda politisas dari KPK dalam membangun pencitraan.

"Kami meminta kalau bisa proses hukum di KPK dilaksanakan tanpa menimbulkan kegaduhan-kegaduhan. Kegaduhan-kegaduhan itu bisa dicegah dengan sungguh-sungguh mengikuti ketentuan-ketentuan yang dengan tegas ditentukan Undang-undang KPK, yang saat ini menjadi acuan," kata dia.

Menanggapi soal ini, Ketua KPK Busyro Muqoddas bertanya balik, dokumen Berita Acara Pemeriksaan siapa yang tersebar ke media. Busyro meminta Benny menyebut saja BAP siapa yang bocor. "Beredar BAP? BAP yang mana? Ini juga supaya clear," kata Busyro dalam rapat.

Busyro menilai, KPK sama sekali tidak pernah mendesain pemeriksaan untuk menciptakan kegaduhan. KPK juga membantah telah melakukan pembangunan pencitraan apalagi disebut politis.

"Untuk apa kami membangun image building. Tidak ada untungnya bagi KPK. Amanat kami ini sangat berat dan kompleks. Memang sangat sarat muatan politik, tapi kami bekerja sesuai proses hukum," kata Busyro.

Bahkan di bagian akhir rapat, Benny meminta adanya agenda rapat tertutup untuk membahas soal bocornya BAP. Benny meminta agar ada pembahasan lebih mendalam soal dugaan bocornya BAP. "Apa perlu saya tunjukkan satu mobil pemberitaan soal BAP," kata Benny. (umi)

Prabowo Sebut Jokowi Pemimpin yang Ikhlas
Toyota All New Avanza dan All New Veloz di GIIAS 2021.

Daftar Pilihan Mobil Toyota Tahun 2024 Harga di Bawah Rp 300 Juta

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli mobil baru keluaran Toyota, ternyata masih ada yang harganya di bawah Rp 300 juta. Mulai dari mobil keluarga seperti Avanza dan Rush

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024