SBY: Sudah Dapat Bocoran Reshuffle Belum?

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • VIVAnews / Gestina Rachmawati

VIVAnews – Sadar bahwa rencana reshuffle kabinet sedang mendapat sorotan media, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyempatkan diri menyapa wartawan sebelum menerima kunjungan Presiden Slovakia Ivan Gasparovic di Istana Negara.

“Sudah dapat bocoran belum?” kata SBY kepada kerumunan wartawan di Istana Negara, Senin 10 Oktober 2011. “Belum Pak, bocorkan dong,” jawab wartawan serempak. Namun SBY hanya tersenyum-senyum mendengar koor kompak para wartawan.

Presiden pun kembali tersenyum-senyum ketika ditanya soal kepastian waktu reshuffle kabinet. SBY mengungkapkan keinginan untuk melakukan reshuffle kabinet dalam kunjungan kerja ke Jambi bulan lalu.

Ayahanda Teuku Ryan Angkat Bicara Soal Masalah Rumah Tangga Anaknya dengan Ria Ricis

“Sekaranglah saat yang tepat untuk melakukan penataan kembali atas kabinet yang saya pimpin. Reshuffle, insya Allah, akan saya lakukan sebelum genap dua tahun pemerintahan ini pada 20 Oktober mendatang, didasarkan atas pertimbangan yang logis dan rasional,” kata SBY.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik, Daniel Sparringa, Minggu 9 Oktober 2011 kemarin mengatakan, pekan ini Presiden SBY akan mulai memanggil sejumlah partai politik untuk membahas reshuffle kabinet. “Pemanggilan itu akan terjadi hingga 20 Oktober atau sebelumnya. Jadi kita tunggu saja,” kata dia.

Semalam, Presiden SBY memanggil sejumlah pejabat setingkat menteri ke Cikeas, antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, Menteri Pertanian Suswono, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Gita Wirjawan. Sumber di internal Demokrat menuturkan, pemanggilan itu terkait rencana reshuffle kabinet.

Namun Menkominfo Tifatul Sembiring membantahnya. “Agar berita tidak spekulasi dan deviasi, di Cikeas semalam, pemanggilan Menpora, Menbudpar, Kepala BKPM, dan Mas Dwiki Dharmawan soal SEA Games,” kicau Tifatul dalam akun twitter-nya pagi hari tadi.

Sementara Jero Wacik ketika dikonfirmasi, malah balik bertanya. “Tahu dari mana saya dipanggil?” kata Jero dengan nada bercanda, tanpa memberikan jawaban soal apakah pemanggilan dirinya ke Cikeas terkait rencana reshuffle atau tidak. (umi)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan CEO Millenium Challenge Cooperation (MCC), Alice Albright 

Di Amerika Serikat, Sri Mulyani Bertemu CEO MCC Bahas Transportasi Publik di RI

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) Millenium Challenge Cooperation (MCC), Alice Albright disela-sela kegiatannya di AS.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024