SBY: Parpol Koalisi Bukan Penentu Kebijakan

SBY-Budiono bersama ketua parpol
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Meski terang-terangan meminta saran enam partai politik yang menjadi partner pemerintah soal reshuffle dan kebijakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memastikan parpol koalisi tidak memiliki peranan dalam setiap keputusan yang diambilnya.

"Bukan koalisi yang menentukan kebijakan pemerintah, tapi Presiden. Tapi dalam real politic, saya memang minta pandangan atau masukan agar kebijakan yang diputuskan menjadi lebih baik dan sempurna," kata Presiden SBY perihal kesepakatan yang dibuat antara dia dan enam pimpinan parpol koalisi di kediaman pribadinya Puri Cikeas, Gunung Putri, Bogor, Kamis 13 Oktober 2011.

SBY berharap kebersamaan dengan jajaran koalisi bisa memperkuat setiap kebijakan pemerintah terkait undang-undang dan APBN, mengingat parpol koalisi memiliki perwakilan di DPR.

"Ini yang tidak kalah penting, diharapkan hubungan pemerintah dengan DPR di masa depan berlangsung sehat dan konstruktif agar tidak terjadi opportunity loss," kata SBY.

SBY pun berharap agar parlemen bisa melakukan kontrol dengan baik dan pemerintah berkewajiban membuat kebijakan yang baik. "Kita tidak ingin mengalami masalah politik yang sebenarnya tidak membawa manfaat bagi rakyat, kehilangan momentum dan peluang. Masih banyak waktu yang tercecer. Dan ini perlu semangat dan kultur baru antara pemerintah dan DPR," kata dia.

Soal Wacana PPP Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Airlangga Sebut Bakal Bahas di Internal KIM
Mudik Jalur Pantura/ilustrasi

Mudik Tak Biasa! Pemuda Ini Ceritakan Perjalanan Mudiknya dengan Cara Nebeng Orang Lain

Tak heran, apapun kendalanya pasti akan dilakukan demi bisa mudik hingga berkumpul keluarga besar di kampung halaman. Salah satunya kendala dalam menempuh kampung halaman

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024