"Perlu Alasan Logis PKS Keluar Koalisi"

Hidayat Nur Wahid
Sumber :
  • VivaNews/ Tri Saputro

VIVAnews - Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Hidayat Nurwahid menyatakan, perlu alasan yang logis PKS keluar dari koalisi pemerintah.

Sebab, jika tak ada alasan logis,  PKS seperti orang yang bersalah. Sehingga dikeluarkan dari suatu kelompok.

"Kalau tidak ada angin tidak ada hujan, publik juga bingung berarti Anda merasa bersalah karena ada di luar. Itu perlu ada rasionalisasinya yang benar sehingga publik tahu kenapa PKS di luar (koalisi)," kata Hidayat di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2011.

Hidayat menjelaskan, secara prinsip berada di dalam atau di luar kabinet adalah keputusan Majelis Syuro partai. Itulah konsekuensi PKS sebagai partai yang menjunjung asas organisasi.

"Kalau keputusannya di dalam, berarti kita di dalam. Kecuali kalau keputusannya mengatakan kita keluar berarti kita keluar," terangnya.

Hidayat yang juga mantan ketua MPR menuturkan, partainya tidak mau berandai-andai dan tidak mau terprovokasi oleh beberapa orang yang ingin mengeluarkan PKS dari koalisi.

Dia menilai, dalam membuat keputusan terkait kabinet, Presiden SBY akan betul-betul berbasis pada kinerja laporan dari Uni Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan atau UKP4.

Juga dari penilaian pribadi Presiden SBY untuk meningkatkan kinerja selama tiga tahun pemerintahannya ke depan.

"Intinya PKS akan bersikap profesional. Dan ini bagian yang akan dibahas dalam rapat pimnas sekarang ini," katanya.

"Bagaimana keputusannya, apakah benar PKS akan dikurangi, atau jangan-jangan akan ditambah. Kita memang semuanya perlu membahas. Saya kira wajar saja, partai politik membahas perkembangan nasional," tambahnya. (umi)

Curhat Masa Lalu, Natasha Rizky Sempat Ogah Syuting karena Diputusin Desta
[dok. PT Pelni (Persero)]

Pelni Angkut Gelombang Kedua Arus Balik Lebaran Gratis Sepeda Motor, Bisa Daftar di Tempat

PT Pelni bakal memberangkatkan angkutan gratis sepeda motor dari Semarang menuju Jakarta pada arus balik Lebaran 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024