PPP Kecewa Suharso Mundur dari Kabinet

Suharso Monoarfa
Sumber :
  • Antara

VIVAnews – Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Persatuan Pembangunan, Hasrul Azwar, mengaku kecewa atas keputusan Suharso Manoarfa yang mengundurkan diri dari kabinet. Hasrul berpendapat, Suharso sudah tepat menjabat sebagai Menteri Negara Perumahan Rakyat.

“Itu posisi yang ideal bagi beliau. Menpera, di mana beliau alumni ITB, merupakan posisi yang strategis bagi beliau. Beliau adalah the right man on the right place,” kata Hasrul di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 17 Oktober 2011.

Oleh karena itu, Hasrul mengaku tidak dapat meneyembunyikan kekecewaannya atas keputusan Suharso. Hasrul menyatakan, PPP sebetulnya berharap Suharso tetap berada di posisinya sekarang. “Dia tidak pernah ngomong mau mundur, tidak pernah ngomong capek, tidak pernah ngomong mengenai masalah keluarga,” ujar Hasrul.

Apa pun alasannya, kata Hasrul, Suharso seharusnya membicarakan rencana pengunduran dirinya dari kabinet di internal partai, termasuk jika memang alasannya adalah karena masalah pribadi. “Beliau kan membawa nama PPP di situ. Ini yang membuat kami terkejut. Oleh karena itu, kami akan meminta penjelasan,” ucapnya.

Pengunduran diri Suharso diumumkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Saudara-saudara, kemarin saya menerima surat dari Menpera Suharso Manoarfa. Surat tersebut tertanggal 12 Oktober 2011, berarti lima hari yang lalu, berisi permintaan beliau untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri. Saya menerima dan menyetujui pengunduran diri Suharso Manoarfa,” kata Presiden SBY di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 17 Oktober 2011.

Menurut SBY, Suharso mundur karena alasan pribadi. SBY pun memuji kinerja Suharso selama menjabat sebagai Menpera. “Atas inisiatif dan kerja keras beliau, telah dibangun sejumlah rusunawa yang dihuni 15 ribu kepala keluarga TNI/Polri,” kata dia. Kini, posisi Suharso rencananya akan diisi oleh Djan Faridz. (eh)

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"
Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

Airlangga Hartarto mengatakan kader Golkar siap ditempatkan di legislatif maupun eksekutif. Dia menanggapi peluang keterlibatan Golkar dalam kabinet Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024