PPP Minta SBY Tak Lagi Rombak Kabinet

Politisi PPP Suryadharma Ali, Suharso Monoarfa & Muchammad Romahurmuziy
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - PPP meminta kepada presiden agar menegaskan perombakan kabinet tidak akan terulang lagi sepanjang sisa masa periode kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

"Untuk tidak menimbulkan ketidakpastian manajemen kabinet ke depan, reshuffle yang dilakukan nanti harus menjadi reshuffle yang pertama dan terakhir sepanjang kabinet Indonesia Bersatu (KIB) ke-II ini dijalankan," ujar Sekjen PPP, Romahurmuziy, di DPP PPP Jakarta, Senin 17 Oktober 2011.

PPP memandang setiap menjelang ulang tahun kabinet Indonesia Bersatu jilid ke-II tak perlu selalu diwarnai kehebohan isu reshuffle.

"Jangan pernah lagi biarkan isu atau keinginan yang muncul dari sekelompok orang untuk reshuffle, terutama setiap menjelang ulang tahun kabinet, terus berkelanjutan sebagai suatu hal yang tidak produktif," kata pria yang akrab disapa Romy ini.

Pandangan itu muncul karena energi bangsa ini tidak boleh tersita untuk suatu urusan yang sebenarnya bisa diselesaikan dalam waktu singkat. "Dalam pandangan PPP, tidak perlu proses reshuffle bertele-tele seperti sekarang dan melibatkan energi publik yang terlalu besar. Lebih banyak urusan lain di republik ini yang juga memerlukan perhatian," tegas Romy.

SBY, kata Romy juga harus memastikan adanya keberlangsungan kepemimpinan dalam kabinet yang baru nantinya. Hal ini, lanjut Romy, penting untuk ditegaskan oleh presiden agar menteri-menteri yang baru ditunjuk mampu menjalankan amanah dengan kecepatan penuh.

"Mereka (para menteri) juga akan mendapatkan kepercayaan diri bahwa jabatan yang mereka terima dapat bertahan sampai tiga tahun ke depan," kata Romy.

Truk Kontainer Bermuatan Kayu Terguling di Jalur Gentong Tasikmalaya
Presiden ASEAN Trade Union Council (ATUC) sekaligus Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea

42 Pimpinan Buruh Asia Pasifik Kumpul di Jakarta, Ini yang Dibahas

42 delegasi pimpinan buruh Asia Pasifik yang tergabung dalam International Trade Union Confederation Asia Pasific (ITUC-AP) melakukan pertemuan di Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024