Kisah Profesor Gondrong Jadi Wamen ESDM

Calon Makil Menteri ESDM, Widjajono Partowidagdo
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Widjajono Partowidagdo kini sudah jadi wakil menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bagaimana awal mula profesor gondrong itu diangkat menjadi pejabat tinggi ?

Adalah Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa yang mengusulkan Guru Besar Fakultas Teknik Institut Teknologi Bandung ini sebagai wakil menteri ESDM.

"Pak Hatta malam minggu telepon saya. Pak Hatta bilang, 'Mas Wid, minta CV nya ya. Mau kita usulkan. Nanti ditelepon Pak Sudi (Silalahi)',"  ujar Widjajono di Istana Negara, Jakarta, Rabu 18 Oktober 2011.

Saat itu dia mengaku kaget. Sebab, tidak ada persiapan khusus. "Kemudian saya ditelepon Pak Sudi sesudah sholat zuhur di masjid. Saya diminta untuk siap saja," kata Widjajono merujuk Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi.

Lalu, Sudi menanyakan kesiapannya untuk menjabat wakil menteri ESDM. Dia pun bersedia untuk mengemban tugas tersebut. "Seperempat jam kemudian, saya ditelepon untuk ke istana jam satu," katanya.

Widjajono, yang lahir di Magekang, 16 September 1951, dikenal sebagai pengamat perminyakan. Saat ini dia masih menjabat sebagai anggota Dewan Energi Nasional.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Nyentrik

Gayanya yang nyentrik dan cuek menarik perhatian saat pelantikan para menteri dan wakil menteri hari ini. Bahkan, sebelum upacaya pelantikan, Widjajono nampak sibuk berfoto-foto.

Bagaimana dengan pelantikannya, apakah deg-degan? "Nggak, nggak deg-degan. Tapi bersyukur. Saya kan guru, jadi dengan ini saya bisa lebih baik lagi," tutur Widjajono.

Bukan hanya itu, di balik kesibukannya sebagai pengajar, Widjajono punya hobi yang menantang, yaitu naik gunung. Hampir seluruh gunung-gunung tinggi di Indonesia sudah didakinya. Beberapa gunung di luar negeri pun sudah pernah disambangi Widjajono. (ren)

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024