Ical Tak Masalah Kalah dari Mega dan Prabowo

Akbar Tandjung, Wiranto, Prabowo, Surya, Rizal Ramli, Aburizal Bakrie
Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVAnews - Survei lembaga riset Jaringan Suara Indonesia (JSI) menempatkan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie diurutan ke tiga calon presiden terpopuler. Aburizal kalah populer dibanding Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto.

Ditanya mengenai hal itu, Aburizal mengaku tidak masalah dirinya masih kalah populer. "Tidak ada soal, di manapun kita berada asalkan trennya menaik," kata Aburizal Bakrie usai seminar "Membangun Desa, Indonesia Sejahtera," di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Rabu 26 Oktober 2011.

Politisi yang biasa disapa Ical ini mengatakan, yang penting baginya dalam membaca survei itu adalah tren yang naik. Sebab jika terus bertahan maka peringkat juga akan naik nantinya.

"Naik itu penting, kalau menurun itu jelek. Lalu kita perbaiki dan pada tahun mendatang kita lihat apakah memungkinkan atau tidak," kata dia.

Jika hasil survei pada 2012 nanti memungkinkan Partai Golkar mengusung calon sendiri, maka di Rapimnas akan ditentukan siapa capresnya. Penentuan itu juga akan ditentukan oleh hasil survei.

Seberapa penting survei untuk menentukan Capres? Ical menegaskan sangat penting. Sebab survei merupakan potret suara rakyat Indonesia, bukan cuma internal Golkar saja.

"Karena itu kita butuh survei. Kita juga tidak mau survei diatur-atur. Buat apa survei diatur-atur, cuma menyenangkan diri sendiri aja," kata Ical.

Survei JSI ini digelar selama 6 hari, yakni tanggal 10-15 Oktober 2011, dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang. Metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling dengan wawancara tatap muka langsung, menggunakan kuisoner. Margin of error sebanyak 2,9 persen.

Hasilnya Megawati (19,6 persen), Prabowo Subianto (10,8 persen), Aburizal Bakrie (8,9 persen), Wiranto (7,3 persen), Sri Sultan Hamengkubuwono X (6,5 persen), Hidayat Nur Wahid (3,8 persen), Surya Paloh (2,3 persen), Sri Mulyani (2 persen), Ani Yudhoyono (1,6 persen), Hatta Rajasa (1,6 persen), Anas Urbaningrum (1,5 persen), Sutanto (0,2 persen), dan Djoko Suyanto (0,2 persen). (Laporan: Dian Widyanarko, eh)

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa
LPS gelar jumpa pers di Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Kantor LPS Bakal Hadir di Medan, Diresmikan 3 Mei 2024

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kini membuka Kantor Perwakilan LPS I Medan, di Gedung Sinarmas Plaza, Kota Medan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024