Sekjen PPP Kritik Survei Soal Politisi Muda

M Romahurmuziy (PPP)
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Sekretaris Jenderal PPP Muhammad Romahurmuziy menilai survei yang dirilis oleh lembaga riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI) sesat dan menyesatkan. Romi menjelaskan survei yang dipublikasikan LSI tentang persepsi buruknya politisi muda hanya disumbang oleh kelakuan segelintir politisi saja, yang sebenarnya tidak lagi 'muda'.

"Generalisasinya yang dicantumkan sebagai pertanyaan kuesioner dengan hanya mencuplik segelintir politisi tadi terlalu berlebihan," ucap Romi dalam pesan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Minggu 30 Oktober 2011.

Romi yang saat ini berusia 37 tahun melihat kategorisasi muda di bawah 50 tahun yang dipakai LSI juga sangat tendensius dan menyesatkan. Menurutnya, hal itu karena bertentangan dengan undang-undang kepemudaan dan norma yang diakui masyarakat, jika pemuda itu di bawah 30 tahun.

Romi menambahkan alasan yang menyatakan 'tidak ada politisi di bawah 40 tahun yang menduduki jabatan penting di parpol' juga sebuah pembodohan dan pembohongan karena kenyataannya banyak parpol yg pengurus intinya berusia di bawah 40 tahun. Dia menekankan PPP mengimbau lembaga-lembaga survei untuk mengedepankan etika, rasionalitas, dan kejujuran akademik, dalam menyusun dan mempublikasikan sebuah survei.

"Jangan menyesatkan masyarakat dengan mengatasnamakan pendekatan saintifik. Don't say lie with statistic!," ucapnya.

Sebelumnya, LSI menyebut, sebanyak 75,2 persen publik kecewa terhadap kiprah politisi muda yang diharapkan mereformasi kondisi politik yang dikondisikan para seniornya.

"Hanya 24,8 persen responden yang percaya bahwa politisi muda yang berkiprah saat ini berperilaku baik," ujar peneliti LSI Adjie Alfaraby dalam jumpa pers di Jakarta, 30 Oktober 2011. Baca hasil survei selengkapnya di sini.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda
Meiska

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Lagu Badut menggambarkan kisah seseorang yang terjebak dalam hubungan yang tidak sehat dan merugikan dirinya sendiri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024