Capres Demokrat: Ani, Djoko, Edhie...?

Ibu Ani Yudhoyono
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Partai Demokrat tak mau terjebak dalam dikotomi tua atau muda dalam memilih calon presiden. Ketua Fraksi Partai Demokrat Jafar Hafsah mengatakan yang menjadi penentu adalah tokoh yang dikehendaki rakyat. Bagaimana dengan Ani Yudhoyono?

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

"Itu salah satu kandidat yang ada. Ada juga Anas, ada Djoko, ada Edhie," kata dia dalam peringatan Idul Adha, Minggu 6 November 2011.

Untuk nama terakhir, tak jelas siapa yang dimaksud Jafar, apakah KSAD Jenderal Pramono Edhie Wibowo atau Edhie Baskoro Yudhoyono--yang usianya tentu saja terlalu muda untuk dicalonkan sebagai presiden. Yang jelas, yang pertama adalah adik Ani Yudhoyono, yang kedua putra kedua Presiden.

Nama Djoko tampaknya merujuk nama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Djoko Suyanto.

Namun, Jafar mengatakan, pengurus Partai Demokrat belum melaksanakan survei untuk menjaring nama-nama calon potensial. "Masih melihat keinginan masyarakat yang ditandai hasil polling independen dan sahih dalam pelaksanaannya," kata dia.

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Yang menarik, Jafsah menyebut dua nama secara khusus saat ditanya siapa yang paling berpeluang.

"Ya, Ani dan Djoko ini. Tapi Demokrat belum mengajukan calon sampai tahun 2013."

Dia menambahkan, pihaknya tak mempermasalahkan jika partai-partai lain sudah menyebut calon terlebih dulu. "Tidak apa-apa kalau Golkar dan partai lain mengajukan lebih dahulu."

Ditanya soal ini, Ketua DPP Partai Demokrat Anas Arbaningrum tak mau berkomentar. "Ini 2011 kok sudah ngomong capres," kata dia.

Berbeda dengan Golkar yang sudah berpengalaman, Anas menambahkan, Demokrat baru akan bicara soal capres nanti. "Pada dasarnya, Demokrat dan SBY diberi mandat politik pada 2009 dan itu yang harus kami tuntaskan pada 2014. Saat tuntas baru bicara Pilpres, kalau belum tuntas masak sudah bicara. Terlalu cepat," katanya. (kd)

Diusung PKS jadi Bakal Cawalkot Depok, Imam Budi Hartono: Kerja Berat Menanti Saya
Mazda EZ-6

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Changan Mazda Automobile Corporation Ltd yang merupakan perusahaan patungan antara Mazda Motor Corporation dan Chongqing Changan Automobile, meramaikan pameran Auto China

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024