Parpol Baru yang Lolos Diumumkan Hari Ini

Ketua Umum Partai Nasdem Patrice Rio Capella
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kementerian Hukum dan HAM RI hari ini akan mengumumkan hasil verifikasiĀ  partai politik baru yang berhak mengikuti pemilihan umum (Pemilu) 2014 mendatang. Namun, di mana pengumuman akan dilakukan belum jelas.

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

"Benar hari ini diumumkan hasil verifikasi partai politik oleh Pak Wakil Menteri (Denny Indrayana)," kata Kepala Sub Direktorat Hukum Tata Negara Kemenkumham, Josi B Sugiarto. Jumat 11 November 2011.

Josi tak merinci kapan verifikasi parpolĀ  itu akan diumumkan ia mengatakan pihaknya sudah menyerahkan kepada protokoler Wamen. Namun saat dikonfirmasi ke salah satu staf humas Kemenkumham, Goncang, ia mengatakan bahwa pengumuman akan dilakukan di Kanwil Sumatera Selatan pada pukul 09.30 WIB. "Karena Pak Menteri dan Pak Wamen sedang berada di sana," ujar Goncang.

Seperti diketahui, pemerintah mengeluarkan aturan untuk menyederhanakan partai politik. Cara itu dilakukan dengan merevisi UU Partai Politik di mana pada revisi itu disebutkan partai politik harus memiliki 75 persen kepengurusan tingkat kabupaten/kota di setiap provinsi.

Namun, setelah berlangsung judicial review atas revisi tersebut, Mahkamah Konstitusi memutuskan yang harus memenuhi persyaratan tersebut adalah partai politik yang belum memiliki badan hukum atau partai politik baru.

Pendaftaran verifikasi parpol untuk Pemilu 2014 sendiri sudah dibuka sejak Senin 17 Januari lalu. Hingga pendaftaran ditutup pada 22 Agustus lalu, hanya 14 partai politik baru yang mendaftar.
Kemenkumham melakukan verifikasi hingga 23 September 2011. Namun, pengumuman baru akan dilakukan pada Jumat, 11 November 2011.

Empat belas parpol yang mendaftar yakni Partai Nasional Republik, Partai Nasdem, Partai Persatuan Nasional, Partai Kemakmuran Bangsa Nusantara, Partai Republik Satu, Partai Republik Perjuangan, Partai Satria Piningit, Partai Penganut Thariqot Islam Negara, Partai Karya Republik, Partai Serikat Rakyat Independen, Partai Indonesia Rakyat Bangkit, Partai Independen, Partai Kekuatan Rakyat Indonesia, Partai Demokrasi Pancasila. (ren)

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto menghadiri acara ulang tahun adik Tien Suharto, Siti Hardjanti Wismoyo di Gedung Perwayangan TMII, Jakarta Timur, Kamis, 25 April 2024

Resmi Jadi Presiden Terpilih, Prabowo Tak Akan Mundur dari Jabatan Menhan

Setelah ditetapkan sebagai presiden RI terpilih periode 2024-2029 Prabowo dipastikan tidak akan mundur dari jabatannya saat ini selaku Menteri Pertahanan RI.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024