Partai SRI Yakin Lolos Verifikasi

Ketua Umum Partai SRI, D Taufan (kiri), pengusung Sri Mulyani
Sumber :
  • VIVAnews/Syahrul Ansyari

VIVAnews - Ketua Umum Partai Serikat Rakyat Independen, Damianus Taufan yakin, partainya lolos verifikasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Taufan menyatakan, pihaknya masih menunggu undangan Menkumham Amir Syamsuddin untuk berdialog terkait syarat-syarat yang belum terpenuhi.

"Kita akan diundang pada hari Senin 14 November 2011. Kesempatan itu akan kita coba untuk mencocokan tentang kekurangan yang dinyatakan Kemenkumham," ujar Taufan dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat 11 November 2011.

Taufan berharap, kementerian itu memberikan klarifikasi kepada mereka. Saat ini, partai yang siap mengusung mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Pilpres 2014 mendatang itu masih menunggu sikap resmi dari Kemenkumham untuk mencocokan data yang mereka miliki.

Selama ini mereka merasa, hasil verifikasi faktual yang dilakukan Kemenkumham terhadap Partai SRI sudah lengkap. Seperti memenuhi pendirian pengurus di tingkat provinsi seluruhnya, badan hukum partai, KTP, badan hukum dan lainnya.

"Partai SRI yakin dan optimistis dalam waktu yang ditentukan oleh Kemenkumham kita bisa penuhi kekurangan itu," ucapnya.

Selain parpol SRI, dua parpol baru lain juga masih kurang kelengkapan berkasnya. Dua parpol itu yakni, Partai Karya Republik dan Partai Kemakmuran Bangsa Nusantara (PKBN).

Wakil Menkumham Denny Indrayana menuturkan, prasyarat yang belum dipenuhi ketiga parpol bersifat elementer.

"Contohnya belum ada surat pernyataan bermaterai tidak menjadi pengurus partai lain dari para pengurus partai, dan KTP yang belum dilegalisir. Ini bisa dilengkapi sehingga nantinya tidak menjadi hal-hal yang menghambat," ujar Denny.

Batas akhir verifikasi partai politik adalah pada 25 November 2011. Sedangkan batas akhir penerbitan keputusan pengesahan partai politik menjadi badan hukum adalah pada 16 Desember 2011, atau 15 hari sejak berakhirnya verifikasi. (umi)

Kembali Beroperasi, Pabrik Roti di Gaza Diserbu Ratusan Warga Palestina hingga Antre Berjam-jam
Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Hancurkan Australia di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Australia dengan skor 1-0 dalam Piala Asia U-23 Grup A di Stadion Abdullah Bin Nasser pada Kamis malam kemarin, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024