Kunjungi Thailand, Ical Bantah untuk 2014

Aburizal Bakrie di Lombok
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie membantah  kunjungannya ke Pheu Thai Party (Partai Rakyat Thailand) --yang merupakan partai berkuasa di Thailand-- untuk kepentingan pencalonan pada Pemilu 2014. Demikian juga dengan kunjungannya ke beberapa partai politik sejumlah negara, seperti China, Malaysia, Singapura, dan Timor Leste.

"Tidak ada hubungannya dengan (Pemilu) 2014. Ini murni kerja sama partai (Partai Golkar dengan Pheu Thai Party), juga untuk mengeratkan hubungan kedua negara (Indonesia dengan Thailand)," ujar Ical, sapaan Aburizal kepada wartawan di kantor Kedutaan Besar RI di Bangkok, Selasa, 22 November 2011.

PTP merupakan partai politik negara asing keempat yang telah dikunjungi dan dijajaki kerja sama oleh Partai Golkar. Sebelumnya, Aburizal dan sejumlah petinggi Golkar mengunjungi Partai Komunis China, Partai UMNO di Malaysia, dan Partai Demokrat di Timor Leste.

Menurut dia, banyak hal yang perlu dikerjasamakan antarkedua partai, juga dengan kedua negara, baik di bidang politik, pemerintahan, ekonomi, dan lain-lain.

Lagi pula, Partai Golkar maupun Pheu Thai Party adalah sama-sama partai pendukung pemerintah berkuasa sekarang. Golkar merupakan partai politik anggota koalisi pendukung pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sedangkan Pheu Thai Party adalah partai pendukung utama Perdana Menteri (PMI) Yingluck Shinawatra.

Setelah Selasa sore berkunjung dan menemui para pimpinan Pheu Thai Party, Aburizal beserta seluruh rombongan dijadwalkan bertemu PM Yingluck pada Rabu pagi. Dalam kesempatan itu, Aburizal dan PM Yingluck akan membahas hubungan Indonesia dengan Thailand.

Aburizal didampingi beberapa pejabat teras DPP Partai Golkar, di antaranya Theo L Sambuaga (Wakil Ketua Umum), Fuad Hasan Masyhur (Ketua), Setya Novanto (Ketua Fraksi Golkar DPR RI), dan Iris Indiramurti (Ketua). Sedangkan di pihak Pheu Thai Party, hadir Yongyoot Wichaidit (Ketua Umum), Kanawat Wasinsungworn (Deputi), dan sejumlah petinggi Partai lainnya.

Pheu Thai Party merupakan partai politik baru di Thailand yang didirikan pada 2008. People Power Party (Partai Kekuatan Rakyat) --partai pendukung mantan PM Taksin Shinawatra, bergabung dengan Pheu Thai Party, setelah dibubarkan oleh Mahkamah Konstitusi pada 2 Desember 2008.

Yingluck maju bertarung dalam Pemilu negeri itu pada 3 Juli 2011 dan memenangkan 265 kursi dari 500 kursi parlemen. Sementara, Partai Demokrat yang berkuasa hanya mampu merebut 160 suara. Dengan tingkat partisipasi 65,99 persen (hampir 31 juta pemilih), partainya memenangkan lebih dari setengah kursi di parlemen.

Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

Laporan: M Arief Hidayat | Bangkok, umi

Siswi SMA Negeri 2 Maumere Dilarang ikut Ujian Gegara Nunggak Rp50 Ribu

Siswi SMA Negeri 2 Maumere Dilarang Ikut Ujian Gegara Nunggak Rp50 Ribu

Dian, siswi SMA Negeri 2 Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengaku tidak diperkenankan mengikuti ujian lantaran memiliki tunggakan uang sekolah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024