Komisi III Yakin Uji Capim KPK Tak Molor

Ketua Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy dan Ketua Fraksi Golkar Setya Novanto
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Formulir Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang salah sempat membuat Komisi III menghentikan uji kelayakan dan kepatutan Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK). Namun, Wakil Ketua Komisi III Tjatur Sapto Edy yakin proses ini sesuai jadwal.

"Nanti tesnya satu hari dua orang," kata Tjatur di Cipanas, Jawa Barat, Kamis 24 November 2011. Dia yakin penentuan Capim ini tidak akan molor.

Target Komisi III, imbuh legislator asal PAN ini, proses Capim hingga pemilihan bisa selesai Jumat pekan depan. dengan demikian, tidak akan terjadi kekosongan Pimpinan KPK. "Jumat pekan depan sudah ada Ketua dan Pimpinan KPK baru."

Pimpinan KPK periode 2007-2011 yang diketuai Busyro Muqoddas akan mengakhiri masa jabatan pada 17 Desember 2011. Sebelum itu, DPR harus sudah menyelesaikan uji kelayakan capim agar Presiden RI bisa melantik pimpinan yang baru.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

Sebelumnya, uji kelayakan kandidat pimpinan KPK dihentikan di hari kedua karena Komisi III Bidang Hukum memanggil Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin untuk meminta klarifikasi kesalahan dalam formulir LHKPN yang diisi oleh para Capim KPK.

Semua kandidat mengisi LHKPN dengan menggunakan formulir lama dengan tertanda pimpinan KPK terdahulu, yakni Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, dan Wakil Ketua KPK Erry Riyana, Amin Sunaryadi, Tumpak Hatorangan, serta Sjahruddin Rasul.

Tapi kesalahan yang terjadi tidak seragam. Ada kandidat yang mencoret nama Ketua KPK lama, ada yang tidak mencoret. (eh)

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep usai acara pembekalan para anggota legislatif terpilih di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Partai Solidaritas Indonesia (PSI), membuka pendaftaran untuk Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak 2024. Pendaftaran dibuka 26 April 2024, sampai 1 Agustus 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024