Ketua DPR: Dana Bansos Bukan Barang Baru

Marzuki Alie
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Marzuki Alie, menilai temuan Badan Pemeriksa Keuangan soal penyelewengan sebagian dana bantuan sosial bukanlah hal baru. Marzuki mengaku pernah mengungkapkan ini beberapa waktu lalu.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

"Sudah sejak beberapa bulan yang lalu saya sampaikan, dana bansos itu digunakan oleh incumbent, petahanan atau apapun namanya untuk kepentingan Pilkada. Itu merusak negeri ini," ujar Marzuki di DPR, Jakarta, Selasa 29 November 2011.

Marzuki pun memahami bahwa bansos tersebut memang dapat mendongkrak popularitas incumbent. "Iya, tetapi kan itu salah," kata Marzuki.

Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 1,4 Triliun Kuartal I-2024

Menurut dia, memang harus dilakukan pengurangan terhadap pemberian dana-dana bansos. Pencegahan dana bansos mengalir menjelang pilkada, menurut Marzuki, itu bisa dilakukan oleh Badan Anggaran bersama pihak pemerintah.

"Itu tergantung Banggar atau pemerintah. Saya sudah berkali-kali mengingatkan, dana bansos itu berapa puluh triliun yang tidak jelas bentuk produknya apa. Jadi bukan baru sekarang. Kalau terungkap sekarang, itu kan BPK-nya yang mengungkap sekarang," kata Marzuki.

Pelatih Korea Selatan Puji Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 Setinggi Langit

Apakah BPK harus melaporkan temuan tersebut kepada aparat penegak hukum? "Iya lapor ke polisi kalau memang ada pelanggaran hukum. Kalau itu bantuan sosial memang untuk keperluan sosial, bagaimana mau dilaporkan ke polisi?" kata Marzuki.

Drama Crash

Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Sebuah gebrakan baru dalam dunia hiburan akan segera hadir dengan kehadiran drama Korea yang menarik perhatian berjudul Crash. Drama ini akan tayang perdana pada 13 Mei.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024