Kata Anas Soal Insiden Denny dan Komisi III

Denny Indrayana
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, menilai insiden 'pengusiran' Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana oleh Wakil Ketua Komisi III Bidang Hukum DPR Aziz Syamsuddin cuma permasalahan komunikasi semata. Anas menyarankan agar kedua pihak segera membangun komunikasi yang sehat.

"Kita harus mengembangkan komunikasi yang sehat, termasuk antara eksekutif dan legislatif, pemerintah dan DPR," kata Anas Urbaningrum usai memberikan penghargaan kepada pendaki tunadaksa berkaki satu, Sabar Gorky, yang telah menaklukkan dua puncak tertinggi dunia, Elbrus (Rusia) dan Kilimanjaro (Tanzania) di Kantor DPP Demokrat, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis 8 Desember 2011.

Menurut Anas, kehadiran menteri dan wakilnya dalam undangan rapat kerja di legislatif harus dihormati sebagai perwakilan pemerintah. Begitu juga sebaliknya.  "DPR menjalankan fungsinya, karena itu perlu menghormati kewenangan masing-masing lembaga. Dan lebih baik fokus pada substansi," kata Anas yang juga mantan Ketua Fraksi Demokrat di DPR.

Anas mengingatkan agar dalam setiap rapat, pemerintah dan DPR fokus membahas agenda.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Masalah ini bermula dari rapat antara Menteri Hukum dan HAM,  Amir Syamsuddin dengan Komisi III DPR yang digelar Rabu kemarin. Hadir juga dalam rapat itu Wakil Menkumham, Denny Indrayana.

Rapat itu membahas Surat Edaran Kementerian Hukum dan HAM tertanggal 31 Oktober 2011. Surat edaran itu berisi soal moratorium pemberian remisi dan pembebasan bersyarat kepada narapidana tindak pidana korupsi dan terorisme.

Penjelasan Amir Syamsudin, mengenai landasan yuridis kebijakan moratorium remisi dan pembebasan bersyarat dianggap tidak memuaskan oleh anggota Komisi III. Aziz kemudian menyampaikan pandangannya mengenai surat edaran Dirjen Pemasyarakatan yang dinilainya melanggar hukum.

Namun saat Aziz sedang menyampaikan pendapatnya, Denny Indrayana mengajak Amir Syamsuddin bicara dan beberapa kali terlihat bisik-bisik. Aziz meminta agar Amir Syamsuddin lebih memperhatikan apa yang sedang disampaikannya.

"Saudara Menteri, perhatikan apa yang saya sampaikan," kata dia. Aziz juga menegur Denny agar tidak mengganggu perhatian Menkumham dalam rapat. "Saudara Wamen, Anda jangan bisik-bisik. Anda tidak punya hak bicara di sini," kata Aziz.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini
Liverpool vs Everton

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Liverpool akan menyambangi markas Everton dalam lanjutan Premier League di Stadion Goodison Park pada Kamis dini hari nanti, 25 April 2024, pukul 02.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024